Analisis Struktur Dan Bentuk Lagu Pada Band Heavy Metal Di Kabupaten Pringsewu
Abstract
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang analisis struktur bentuk lagu pada band heavy metal di Kabupaten Pringsewu. Tujuan dilakukan penelitian yaitu untuk mengetahui struktur lagu S.J.S.F, Blues Marah dan Anthem dalam penyajian musik dari grup band Tujah. Metode yang digunakan pada penelitian ini kualitatif dengan pendekatan musikologi. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan melalui wawacara dengan anggota band Tujah serta dokumentasi berupa audio yang kemudian ditranskripkan ke notasi balok sebagai bahan untuk menganalisis struktur lagu S.J.S.F, Blues Marah dan Anthem dalam penyajian musik dari grup band Tujah. Penelitian ini menggunakan teori dari buku Karl Edmund Prier SJ, Ilmu Bentuk Musik, 2015 untuk menjadi rujukan utama sebagai pisau bedah untuk menganalisa bentuk struktur musik dan bentuk penyajian dari lagu S.J.S.F, Blues Marah dan Anthem yang dimainkan oleh grup band Tujah pada saat pementasan. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat struktur dan bentuk lagu yang khas pada lagu lagu Tujah. Intro, verse, chorus, interlude dan koda tergambar jelas dengan kebebasan versi band Tujah. Bentuk musik dua bagian dan tiga bagian, hingga motif-motifnya ada dalam lagu-lagu Tujah. Selain itu lirik, artwork dan penampilan tiap personil dari Tujah sangat khas. Terutama pada lirik, Tujah mengangkat isu- isu sosial dan ungkapan atau jeritan dari masyarakat kepada penguasa. Tujah membuktikan bahwa kebebasan bermusik tidak dapat dilakukan sembarangan, skill dan pengetahuan juga penting untuk membangun suatu kelompok musik.
Kata kunci: heavy metal, band tujah, analisis struktur dan bentuk lagu.
Abstract
This study focuses on analyzing the song structures of a heavy metal band in Pringsewu Regency. The research aims to understand the structural composition of the songs "S.J.S.F," "Blues Marah," and "Anthem" as performed by the band Tujah. Utilizing a qualitative research method with a musicological approach, data were collected through interviews with Tujah's band members and audio recordings, which were transcribed into musical notation for structural analysis. The theoretical framework for this analysis is based on Karl Edmund Prier SJ's book, "Ilmu Bentuk Musik" (2015), which serves as the main reference for dissecting the musical structure and presentation forms of "S.J.S.F," "Blues Marah," and "Anthem" as executed by Tujah during their performances. The findings reveal distinctive structures and forms in Tujah's music, including clearly defined intros, verses, choruses, interludes, and codas, all uniquely interpreted by the band. Both binary and ternary musical forms and their motifs are evident in Tujah's compositions. Furthermore, the band's lyrics, artwork, and individual performances are notably unique. Tujah's lyrics particularly highlight social issues and articulate the people's grievances against authority. The band illustrates that musical freedom requires skill and knowledge, demonstrating that forming a music group is not a trivial endeavor.
Keywords: heavy metal, Tujah band, song structure and form analysis.
Full Text:
PDFReferences
Andrew, T. V., Sihombing, R. M., & Ahmad, H. A. (2017). Musik, media, dan karya: Perkembangan infrastruktur musik bawah tanah (underground) di Bandung (1967-1990). Patanjala, 9(2), 291989.
Asmara, I. G. N. A. T. (2016) Penampil Perempuan Dalam Musik Metal Underground: Sebuah Kajian Kriminologi Budaya Dan Feminis.
Dwi, S., & Arfah, H. (2022). Kritik Sosial Dalam Musik ( Analisis Tekstual Representasi Kritik Sosial Dalam Lirik Lagu Papua Kucinta ‟ Karya Iksan Skuter ) Pendahuluan. Al Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2(1), 100–109.
Esterberg, K. (2002). Qualitative Methods Ins Social Research. Mc Graw Hill. Fillamenta, Novdaly (2019). Perkembangan Musik Heavy Metal Di Kota.
Fillamenta, N. (2019).
Perkembangan Musik Heavy Metal Di Kota
Palembang. Sitakara. Jurnal Pendidikan Seni dan Seni. Vol IV No. 1.
Fitriah, L., Asri, A., & Fahmi, N. (2018). Analisis Unsur Musikal Lagu Asshola Dalam Tradisi Kompang Di Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. KOBA, 5(1), 83-92.
Hidayatullah, R. (2022). Analisis Musik edisi pertama, cetakan pertama
Mudjilah, H. S. (2010). Teori Musik 1. Yogyakarta: Universitas Negeri Fakultas Bahasa Dan Seni.
Phillips, W., & Cogan, B. (2009). Encyclopedia Of Heavy Metal Music.
Pratomo, D. R. (2015) Analisis Bentuk Struktur Lagu Dan Pola Aransemen Pada Band Be Seven Steady Di Semarang
Prier, K. E. (2015). Ilmu Bentuk Musik (Cetakan kelima). Pusat Musik Liturgi. Pratomo, D.R. (2015) Analisis Bentuk Struktur Lagu Dan Pola Aransemen
Rohidi, T.R. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Stein, L., & Indrawan, A. (1979). Struktur dan gaya studi dan analisis betuk-bentuk musikal. 1–123.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari (ed.); Cetakan Ketiga). Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.