Pengembangan Media Pembelajaran Notasi Balok Berbasis Audio Visual untuk Siswa SMA Negeri 2 Pringsewu

Sisilia Anggi Anista, Afrizal Yudha Setiawan, Agung Hero Hernanda

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu media pembelajaran notasi balok yang berbasis audio visual, dan menilai keefektifan serta kemenarikan suatu media yang telah dikembangkan oleh peneliti. Penggunaan metode pada penelitian ini yaitu Research and Development atau (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate).Hasil dari penelitian ini yaitu produk media pembelajaran berbasis audio visual dengan materi pembelajaran tentang notasi balok. Pada penelitian ini, subjek penelitianya yaitu ahli media yang bertugas untuk mengevaluasi media pembelajaran yang telah dikembangkan, ahli materi untuk mengevaluasi materi pada video pembelajaran. Subjek lainya yaitu guru seni budaya SMAN 2 Pringsewu dan siswa-siswi ekstrakurikuler musik di SMAN 2 Pringsewu sebagai pengguna produk media pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti. Media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria layak, mudah, dan menarik. Media pembelajaran notasi balok ini telah dilakukan penilaian oleh ahli sebelum disebarkan ke siswa. Penilaian media pembelajaran tersebut dilakukan oleh ahli media dan ahli materi dengan hasil skor dari ahli media yaitu 4,2 dan skor dari ahli materi sebesar 4,3. Kemenarikan serta kemudahan media pembelajaran tersebut dilakukan uji coba lapangan dengan melibatkan guru dengan hasil rata-rata skor 4 skor dengan kriteria sangat menarik dan mudah. Sedangkan rata-rata skor dari siswa yaitu 3,8 skor dengan kriteria sangat menarik dan mudah.

 

Kata kunci : media pembelajaran, audio visual, notasi balok.

 

Abstract

This research aims to create an audio-visual-based musical notation learning media and assess the effectiveness and attractiveness of the developed media by the researcher. The methodology employed in this research is the Research and Development (R&D) approach, utilizing the 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate). The result of this research is a product of audio-visual-based learning media containing instructional materials on sheet musical notation. In this research, the research subjects consisted of media experts, responsible for evaluating the developed learning media, and subject matter experts, tasked with evaluating the content presented in the instructional videos. Another group of subjects included in this research were the cultural arts teachers from SMAN 2 Pringsewu and the music extracurricular students at the same school, who served as users of the developed learning media product by the researcher. The developed learning media has fulfilled the criteria of being feasible, user-friendly, and engaging. This sheet musical notation learning media has undergone an assessment by experts before being disseminated to the students. The evaluation of the learning media was conducted by media experts and subject matter experts, resulting in a score of 4.2 from the media experts and a score of 4.3 from the subject matter experts. The attractiveness and ease of use of the learning media were tested through a field trial involving teachers, yielding an average score of 4, indicating a very attractive and user-friendly criteria. Meanwhile, the average score from the students was 3.8, indicating a very attractive and user-friendly criteria.

 

Keywords: learning media, audio-visual, musical notation

Full Text:

PDF

References


Arwudarachman, D., Setiadarma, W., & Marsudi. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas XI Danizar . Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 03 Nomor 0, 237–243.

Asih, T. (2018). Perkembangan Tingkat Kognitif Peserta Didik Di Kota Metro. Jurnal Pendidikan Biologi, 2, 9–17.

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2), 135.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Rahman, R. H. (2021). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Akhlak Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 46–54.

Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi Dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ips. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 151–158.

Sulistio, A. (2018). Pengembangan Media Audio Visual Materi Notasi Balok di Ekstrakurikuler Seni Musik SMA Negeri 2 Mempawah Hilir. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7 (3), 1–9.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. A Sourcebook, Mc, 195.

Zainab, K.S. (2020). Desain Program Pembelajaran Perspektif Keberagaman Peserta Didik Sekolah Menengah Ata. Attractive : Innovative Education Journal. 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


mpo1121

klik4d

klik4d