Penggunaan Metode Drill pada Paduan Suara Green Serenade Choir SMAN 2 Sukabumi

Sri Anten Fauziah, Hasyimkan Hasyimkan, Hasyimkan Hasyimkan, Afrizal Yudha Setiawan, Afrizal Yudha Setiawan

Abstract


Abstrak

Paduan suara Green Serenade Choir merupakan salah satu esktrakurikuler yang begerak dalam bidang seni di SMAN 2 Sukabumi. Green Serenade Choir memiliki musikalitas yang baik. Dalam mendapatkan musikalitas yang baik Green Serenade Choir menggunakan metode drill sebagai pembelajarannya. Metode drill atau metode latihan secara berulang berfungsi untuk melatih keterampilan yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode drill pada kelompok paduan suara Green Serenade Choir SMAN 2 Sukabumi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Sumber data primer atau data yang diperoleh dari narasumber melalui pengamatan fenomena melalui observasi dan wawancara. Sumber data sekunder untuk mendukung keperluan data primer berupa orang lain ataupun dokumen-dokumen yang mendukung penelitian meliputi data kepustakaan, data dokumentasi, serta data online. Data yang terkumpul pada penelitian di analisis berdasarkan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri atas data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga fase pembelajaran paduan suara dengan menggunakan metode drill meliputi, (1) fase pemberian latihan, yang terdiri atas mempersiapkan tujuan pembelajaran, media pembelajaran, daftar kehadiran, dan materi pembelajaran. (2) fase pelaksanaan latihan, yang terdiri atas (a) kegiatan awal, (b) kegiatan inti, (c) pelaksanaan latihan. (3) fase mempertanggungjawabkan latihan yang terbagi menjadi dua komponen yaitu melakukan evaluasi dan solusi.

 

Kata kunci: metode drill, paduan suara, Green Serenade Choir.

 

Abstract

The Green Serenade Choir is one of the extracurricular activities engaged in the arts at SMAN 2 Sukabumi. Green Serenade Choir has good musicality. In getting good musicality, the Green Serenade Choir uses the drill method as its lesson. The drill method or repetitive training method functions to practice the skills that have been learned. This study aims to describe the steps for using the drill method in the Green Serenade Choir group at SMAN 2 Sukabumi. This research was conducted using qualitative research methods with data collection techniques of observation, interviews, and documentation. The data sources used are primary and secondary. Primary data sources or data obtained from informants through observation of phenomena through observation and interviews. Secondary data sources to support primary data needs in the form of other people or documents that support research include library data, documentation data, and online data. The data collected in the study were analyzed based on the data analysis techniques of the Miles and Huberman models which consisted of data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The results of the study showed that there were three phases of choral learning using the drill method including, (1) the training phase, which consisted of preparing learning objectives, learning media, attendance lists, and subject matter. (2) the training implementation phase, which consists of (a) initial activities, (b) core activities, (c) training implementation. (3) the exercise accountability phase which is divided into two components, namely evaluating and providing solutions.

 

Keywords: drill method, choir, Green Serenade Choir.

Full Text:

PDF PDF

References


Alfath, Muhammad., Syai, Ahmad., & Ramdiana. (2018). Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Akademi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, 3(1), 77-90.

Kansil, Christy Prilia., RA. Dinar Sri Hartati., & Takalumang, Luccylle M.. (2021) Strategi dan Penerapan Balance dan Blending dalam Paduan Suara. Jurnal Ilmu Bahasa dan Seni, 1(1), 947-955.

Krisnan, “Mengenal Lebih Dalam Metode Drill: Kegiatan Latihan Berulang”. https://meenta.net/metode-dril/, diakses pada tanggal 24 September 2022, pukul 20.30.

Magdalena, Ina., Ramadhani, Fitri., & Rossatia, Nurul. (2020). Upaya Pengembangan Bakat atau Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Melalui Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan dan Sains. 2(2), 230-243.

Mita, Romualdus Ago., & Kristiandri, Dhani. (2021). Metode dan Teknik Vokal Pada Paduan Suara Gregorius di Paroki Aloysius Gonzaga Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(1), 41-53.

Sinaga, Theodora. (2014). Teknik Bernyanyi dalam Paduan Suara. Jurnal Generasi Kampus, 7(2), 281-293.

Strinariswari, Ratna Luhung., & Susetyo, Bagus. (2015). Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMP Negeri 2 Jepara. Jurnal Seni Musik, 4(2), 15-20.

Wahyuni, Nida. (2016). Penggunaan Metod Drill dalam Pembelajaran Matematika. Prodisiding Seminar Nasional. 2(1). 399-896.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


mpo1121

klik4d

klik4d