PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL INTONASI PADA EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMA NEGERI 2 KALIANDA

Dara Sakunda, Prisma Teja Permana, Agung Hero Hernanda

Abstract


Abstrak

Masalah dalam penelitian ini, Peneliti akan membahas bagaimana proses pembelajaran teknik vokal intonasi pada kelompok paduan suara. Peneliti akan mendeskripsikan tahapan pembelajaran teknik vokal intonasi pada ekstrakulikuler paduan suara dan bandingkan kesesuaian tahapan pembelajarannya serta konten pembelajarannya dengan teori pembelajaran yang ada dan teori pembelajaran teknik vokal intonasi yang diguunakan sebagai acuan dari kualitas pembelajaran yang dilakukan pada kestrakulikuler paduan suara tersebut. Deskripsi proses pembelajaran akan dikorelasikan dengan tujuan pembelajaran yang sudah disususun sebelumnya sesuai dengan teori pembelajaran dan akan dianalisis kesesuaiannya menggunakan perspektif teori yang sudah ada sehingga dapat dilakukan penarikan kesimpulan berupa kesesuaian proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Dari serangakaian proses pengamatan kepada ekstrakulikuler Paduan suara di SMA N 2 Kalianda yang memiliki 20 anggota menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menemukan korelasi antara teori pembelajaran yang dikemukakan oleh amri secara garis besar, yakni guru telah menerapkan persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang dibagi menjadi tiga pokok kegiatan yakni (awal, inti dan akhir) dan evaluasi pembelajaran. Penelitti juga menemukan penggunaan metode pembelajaran yang beragam dan berhasil mencapaikualitas pembelajaran yang cukup baik terlihat dari hasil evaluasi belajar anggota paduan suara.

 

Kata Kunci: Intonasi, paduan suara, pembelajaran

 

Abstract

In this study, the problem that will be discussed is how the process of learning vocal intonation techniques in the choir group. It will describe the stages of learning vocal intonation techniques in choir extracurriculars and compare the suitability of the learning stages and learning content with existing learning theories and learning theories of vocal intonation techniques that are used as a reference for the quality of learning carried out in the choir's extracurricular activities. The description of the learning process will be correlated with the learning objectives that have been previously arranged according to the learning theory and will be analyzed for its suitability using an existing theoretical perspective so that conclusions can be drawn in the form of the suitability of the learning process and learning outcomes. From a series of observation processes to the extracurricular choir of SMA N 2 Kalianda which has 20 members, it uses data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. The researcher found a correlation between the learning theory proposed by amri in outline, namely the teacher had implemented learning preparation, the implementation of learning which was divided into three main activities namely (beginning, core and end) and learning evaluation. Researchers also found the use of various learning methods and managed to achieve a fairly good quality of learning as seen from the results of the learning evaluation of choir members.

Keywords: Intonation, choir, learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


mpo1121

klik4d

klik4d