RANAH KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN MUSIK ANSAMBEL di SMA BUKIT ASAM
Abstract
Abstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam proses pembelajaran musik ansambel di ekstrakurikuler SMA Bukit Asam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh adalah guru seni budaya yang ada di SMA Bukit Asam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berasal dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dari peran guru dalam pembelajaran musik ansambel di ekstrakurikuler SMA Bukit Asam menunjukkan bahwa proses pembelajaran alat musik ansambel menggunakan metode tutor sebaya dilaksanakan dengan tahapan, pertama-tama guru meminta semua siswa untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki ruangan dan memulai pembelajaran.
Kata kunci : Pembelajaran, ansambel musik, ekstrakurikuler
Abstract
The formulation of the problem in this study is how the teacher's role in the process of learning ensemble music in the extracurricular activities of SMA Bukit Asam is. This study used descriptive qualitative method. The source of the data obtained is the cultural arts teacher at SMA Bukit Asam. The data collection techniques in this study came from the results of observations, interviews, and documentation, then data analysis, data presentation and conclusion were drawn. Based on the results of the research on the role of the teacher in ensemble music learning at the Bukit Asam High School extracurricular, it shows that the process of learning musical ensemble instruments using the peer tutor method is carried out in stages, first the teacher asks all students to wash their hands before entering the room and starting learning.
Keywords: learning, ansambel music, extracurricular
Full Text:
PDFReferences
Daryanto, D. (2014). siap menyongsong kurikulum 2013.
Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80.
Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif, M. S. Sofia Yustiyani Suryandari, S.E.
Taupik. (2014). Hubungan Antara Penguasaan Teori Musik dengan Prestasi Belajar Bermain Ansambel Musik pada Siswa SMP Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.