PENGGUNAAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA

Aline Rizky Oktaviari Satrianingsih

Abstract


Abstrak

Pengembangan produk media pembelajaran berupa video pembelajaran interaktif bertujuan untuk memberikan alternatif pembelajaran seni budaya pada bidang praktik. Materi seni budaya difokuskan pada tari Melinting, yang merupakan tari tradisi Lampung. Tari Melinting sebagai salah satu tari tradisional daerah Lampung memiliki ciri khas yang berbeda dari gerak, kostum, dan properti yang digunakan. Video pembelajaran interaktif ini dikembangkan untuk dapat digunakan oleh siswa di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Video pembelajaran interaktif ini dihasilkan dari sebuah penelitian dengan menggunakan metode RND (Research and Development). Selain mengembangkan dalam bentuk video pembelajaran interaktif. Media ini juga diujicoba untuk diketahui kelayakan produknya. Sebagai salah satu hasil produk pengembangan, tentunya produk ini didesain untuk dapat dipelajari secara mandiri oleh siswa SMA. Untuk mengetahui kelayakan produk yang digunakan, siswa diminta untuk menggunakan media pembelajaran tersebut saat pembelajaran seni budaya. Siswa dapat menggunakan media pembelajaran tersebut untuk mengetahui sejarah, tata busana, alat musik, properti, deskrispi tari, dan video praktek Tari Melinting.

 

Kata kunci : video interaktif, pembelajaran, seni budaya.

 

Abstract

               The development of learning media products in the form of interactive learning videos aims to provide an alternative for learning arts and culture in the field of practice. The material for cultural arts is focused on the Melinting dance, which is a traditional dance from Lampung. Melinting dance as one of the traditional dances of the Lampung region has different characteristics from the movements, costumes, and properties used. This interactive learning video was developed to be used by students at the high school (SMA) level. This interactive learning video was produced from a study using the RND (Research and Development) method. In addition to developing in the form of interactive learning videos. This media is also tested to determine the feasibility of the product. As one of the results of product development, of course this product is designed to be studied independently by high school students. To determine the feasibility of the product used, students are asked to use the learning media when learning arts and culture. Students can use these learning media to find out the history, fashion, musical instruments, properties, dance descriptions, and videos of the Melinting Dance practice.

 

Keyword : interactive videos, learning, cultural arts.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Syaiful. (1991). Diskripsi tari Melinting. Bandar Lampung: Proyek Pembinaan Kesenian Lampung.

Arsyad, Azhar. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto, Drs. (2013). Media Pembelajaran (Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media

Djuwita, Novrida & Nurhayati, Titik. (2004). Diskripsi tari Melinting. Bandar Lampung: UPTD Taman Budaya Provinsi Lampung.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


mpo1121

klik4d

klik4d