Mengubah Pola Pikir Melalui Pendidikan Seni

Putra Andino Nugrahhu

Abstract


ABSTRAK

Tulisan ini bermaksud untuk menawarkan pemikiran tentang pendidikan seni yang dapat memberikan pengaruh bagi pendidikan nasional di Indonesia. Hasil kajian ini menyatakan bahwa konsep pendidikan seni dapat diterapkan oleh setiap pengajar di segala bidang dalam pendidikan di Indonesia, sehingga pembelajaran di sekolah tidak lagi menuntut peserta didik untuk menjadi pintar dalam setiap mata pelajaran yang diberikan. Peserta didik tidak perlu dituntut untuk mengikuti ‘egoisme’ dari penguasaan setiap bidang studi, melainkan peserta didik dapat menangkap esensi dari masing-masing mata pelajaran yang diberikan.

Kata Kunci: Pendidikan, Seni, Pendidikan Seni.

 

 

ABSTRACT

This article is aimed to offer an opinion that art education gives some influence for national education in Indonesia. The result of this article declare that the concept of art education can be applied by every teacher in every subjects for education in Indonesia, until the learning at school not anymore demand the students to be smart on every given subjects. The students not anymore demanded to follow ‘egoism’ to mastery every subjects, but the students can seize the essence of every given subjects.

Keywords: Education, Art, Arts Education.

Full Text:

PDF

References


Jazuli, M.. 2012. Membangun Kecerdasan Melalui Pendidikan Seni.

Kemendiknas. 2000. Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa. Jakarta.

Lansing, K.M. 1990. Art, Artist and Education. London: MsGraw-Hill Book Company.

Lowenfeld dan Lambert Brittain. 1975. Creative and Mental Growth. New York: Macmilan Publishing.

Mudyahardjo, Redja. 2001. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pamadhi, Hajar. 2012. Pendidikan Seni (hakikat, Kurikulum Pendidikan Seni, Habitus Seni dan Pengajaran Seni untuk Anak). Yogyakarta: UNY Press.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Tim FBS Unnes. 2001. Konsep Pendidikan Seni di Indonesia. Makalah Semiloka Pendidikan Seni. Jakarta 18-20 April 2001.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


mpo1121

klik4d

klik4d