PERSEPSI GURU TERHADAP PERMENDIKBUD NOMOR 160 TAHUN 2014 TENTANG PEMBERLAKUAN KURIKULUM

Haris Fajrin, Hermi Yanzi, Berchah Pitoewas

Abstract


The purpose of this research was to analyze how to teacher perception against permendikbud number 160 years 2014 about enactment of curriculum. This research used descriptive method with quantitative approach. The subjects of this research was all teachers of Senior High School 1 Seputih Agung that also became the sample in this research. The result indicated that the teacher was understand and agree with the rule of education and Permendikbud number 160 year 2014. It indicated that 49% teachers understand, 46,8% agree and had a high expectation related to the realization of this rule, that is to evaluate the implementation of curriculum 2013 and makes the teachers practice this curriculum. It was indicated that the research result is 53,19% which have high expectation.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana persepsi guru terhadap Permendikbud nomor 160 tahun 2014 tentang pemberlakuan kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri 1 Seputih Agung yang sekaligus juga menjadi sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memahami dan setuju dengan adanya Permendikbud Nomor 160 Tahun 2014 Tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013, yang ditunjukkan dengan hasil penelitian yaitu sebanyak 49% menyatakan paham, 46.8% menyatakan setuju dan memiliki harapan yang tinggi mengenai ketercapaian tujuan peraturan ini, yaitu untuk mengevaluasi implementasi kurikulum 2013 dan melatih guru tentang kurikulum 2013 ini yang ditunjukkan dengan hasil penelitian yaitu sebesar 53.19% memiliki harapan tinggi.

Kata kunci : guru, permendikbud nomor 160 tahun 2014, persepsi.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Bandung: PT Rinika Cifta.

Dakir.2010.Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT Rineka cipta.

Harjanto.2008.Perencanaan Pengajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyana, Deddy., dan Rahmat. 2003. Komunikasi Antar Budaya Panduan Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution.2008.Asas-Asas Kurikulum.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suryosubroto.2005.Tata Laksana Kurikulum.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta: Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.