PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn

Ni Wayan Sayuwaktini, Hermi Yanzi, Berchah Pitoewas

Abstract


The objective of this research is to explain the influence of teachers personality competence towards students learning interest of civic education subject in second year students of SMA Negeri 13 Bandar Lampung in academic year 2014/2015. This research used descriptive quantitative method. The sample of this research are 58 respondents. The data analysis used Chi quadrate and it also used questionnaire and triangulation as data collecting technique. The result of this research shows that there was a positive influence or significance, with high clinging category among teachers personality competence towards students learning interest of civic education subject. It means a better civic education teachers personality competence also influence students interest in learning civic education subject.

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas XI SMA Negeri 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 58 responden. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif atau signifikan, dengan kategori keeratan tinggi antara kompetensi kepribadian guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Artinya semakin baik kompetensi kepribadian guru PPKn maka semakin tinggi juga minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn.

Kata kunci: kompetensi kepribadian guru, mata pelajaran PPKn, minat belajar siswa


Full Text:

PDF

References


Amri, Khusnul. 2011. Pengaruh Keterampilan Guru Mengelola Kelas Menurut Persepsi Siswa terhadap Minat Belajar PKn di SMK Negeri 1 Bandar Lampung Tahun 2010/2011 (skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Hurlock, Elizabet B. 1995. Development Psychology: A Life Span Appraisal. New York: McGraw Hill Inc.

Manihuruk, Evalina. 2012. Pengaruh Kreativitas Guru Mengajar dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Persada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 (skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah Tahun 2006 Tentang Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudrajat, Akhmad. 2012. Kompetensi Kepribadian Guru. Diakses dari https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2012/10/22/kompetensi-kepribadian-guru/ pada tanggal 1 November 2014 pukul 13.00 WIB.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kulaifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Citra Umbara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.