PENGARUH MEDIA MASSA DAN SIKAP POLITIK TERHADAP PARTISIPASI POLITIK SISWA DALAM PEMILU

Elva Retna Wati, Irawan Suntoro, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The purpose of this research is to explain the effectiveness of mass media and political attitude through students participation in president election 2014 at SMA Negeri 2 Gadingrejo, Pringsewu. The method that is used in this research is quantitative research with descriptive ex-post facto approach. The sample of this research are 26 respondenses. The data collecting technique was using quesionare and the data analysis was using regression. Based on the result and hypothesis, it can be concluded that theres an influence of mass media and political attitude through students participation in president election in 2014 at SMA Negeri 2 Gadingrejo, Pringsewu, in the amount of 58,8%.

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh media massa dan sikap politik terhadap partisipasi politik siswa dalam pemilu presiden tahun 2014 di SMA Negeri 2 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif asosiatif dengan pendekatan deskripstif ex post facto yang sampel penelitian berjumlah 26 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan regresi. Berdasarkan hasil analisis dan uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh media media massa dan sikap politik terhadap partisipasi politik siswa dalam pemilu presiden tahun 2014 di SMA Negeri 2 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu sebesar 58,8%, oleh karena itu siswa harus selalu di berikan arahan dalam setiap pemilu agar siswa ikut berpartisipasi dalam pemilu.

Kata kunci : media massa, partisipasi politik, sikap politik


Full Text:

PDF

References


Budiharjo, Mariam. 2010. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Pustaka Utama.

Budiharjo, Mariam. 2009. Partisipasi dan Partai Politik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

HAR, Tilaar. 2009. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Maran Raga, Rafael. 2007. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Rineka Cipta

Marijan, Kacung. 2010. Sistem Politik Indonesia. Jakarta: Prenada Media Group.

Nurhalim, Arfian. 2014. Pengaruh Iklan Politik di Televisi Terhadap Sikap Pemilih Pemula pada Pemilihan Umum 2014. Tidak diterbitkan.

Ross, Murray G., and B.W. Lappin.1967. Community Organization: theory, principles and practice. Second Edition. New York : Harper & Row Publisher.

Sitepu, Anthonius. 2012. Teori-teori Politik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sitepu, Anthonius. 2012. Studi Ilmu Politik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum. Jakarta: Sinar Grafika.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 42 tahun 2008 Tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. Yogyakarta: Pustaka Timur.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.