FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN BAGI GURU PKn SMK

Sutri Handayani, Berchah Pitoewas, Hermi Yanzi

Abstract


This research aims to know the inhibiting factors of project citizen model implementation learning for civic teachers in vocational schools of Bandar Lampung on 2014. This research uses descriptive quantitative method. questionnaire technique, interview and documentation are used as data collecting instrument. This research population are 18 civic teachers. The result of this research shows: (1) teacher knowledge factor, learning plan and consideration of time as many as 9 or 50% of respondents included into very influential category. (2) teaching skills as many as 15 or 83,33% of respondents included into very influential category. (3) funding consideration factors, coaching / supervision factor as many as 8 or 44,45% of respondents included into very influential category. (4) Project Citizen model implementation as many as 7 or 38,89% of teachers implement but less than the maximum.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pelaksanaan model pembelajaran project citizen bagi guru PKn SMK Negeri di Bandar Lampung Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Instrumen pengumpul data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus interval dan presentase. Jumlah populasi 18 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) faktor pengetahuan guru, perencanaan pembelajaran dan pertimbangan waktu sebanyak 9 atau 50% masuk dalam kategori sangat berpengaruh. (2) faktor keterampilan mengajar sebanyak 15 atau 83,33% masuk dalam kategori sangat berpengaruh. (3) faktor pertimbangan dana dan faktor pembinaan/supervisi sebanyak 8 atau 44,45% masuk dalam kategori sangat berpengaruh. (4) pelaksanaan model pembelajaran project citizen oleh guru sebanyak 7 atau 38,89% melaksanakan namun kurang maksimal.

 Kata kunci : faktor penghambat, model pembelajaran, project citizen.


Full Text:

PDF

References


Budimansyah, Dasim. 2009. Inovasi Pembelajaran Project Citizen. Universitas Indonesia, Bandung.

Hamzah, Unu. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar yang Kreatif dan Efektif. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Rohman. 2012. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen) (Penelitian Tindakan Kelas di SMP N 3 Semarang). Di akses dalam http://rochman-goodcitizen.blogspot.com/2012/06/jurnal-project-citizen.html. Pada 24 November 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.