PENGARUH PENAMBAHAN JAM BELAJAR KELAS UNGGULAN TERHADAP PENGAMALAN NILAI DISIPLIN SISWA

Febrinia Astuti, Holilulloh Holilulloh, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The purpose of this study is to clarify the effect of class study hours practicing the ideals of student discipline at SMA Muhammadiyah 1 Purbolinggo East Lampung District Education Year 2012/2013. Research methods used in this research is descriptive quantitative method. Population in this study amounted to 90 people. Data analysis using Chi Quadrat. Based on the results of the research showed that there was a very strong influence and significance of the addition of classroom learning hours practicing the ideals of student discipline at SMA Muhammadiyah 1 Purbolinggo East Lampung District Education Year 2012/2013. This means getting good additions hour class learn the more positive ideals in practice the formation of student discipline.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penambahan jam belajar kelas unggulan terhadap pengamalan nilai disiplin siswa di SMA Muhammadiyah 1 Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 90 orang. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang sangat kuat dan signifikan antara penambahan jam belajar kelas unggulan terhadap pengamalan nilai disiplin siswa di SMA Muhammadiyah 1 Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Ini berarti semakin baik penambahan jam belajar kelas unggulan maka semakin positif dalam pembentukan pengamalan nilai disiplin siswa.

Kata kunci: kelas unggulan, penambahan jam belajar, pengamalan nilai disiplin siswa


References


Sumarno, D. 1998. Pedoman Pelaksanaan Disiplin Nasional dan Tata Tertib Sekolah . C.V. Jaya Abadi: Jakarta.

Purwanto, Ngalim.2006. Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Silalahi, Aripin. 2006. Program Kelas Unggulan. Sidikalang.

Supriyono, agus. 2009. Penyelenggaraan Kelas Unggulan di SMA Negeri 2 Ngawi. Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Suryabrata, Sumadi. 2008. Metodologi Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Suhartono dan Ngadirun. 2009. Penyelenggaraan Program Kelas Unggulan di Sekolah Dasar. Universitas Terbuka: Jakarta.

Sumiati, Asra.2007.Metode Pembelajaran. CV.Wacana Prima: Bandung.

Sumarno, D. 1998. Pedoman Pelaksanaan Disiplin Nasional dan Tata Tertib Sekolah . C.V. Jaya Abadi: Jakarta.

Thabrany, Hasbullah. 1995. Rahasia Sukses Belajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

The Liang Gie.1988. Administrasi Modern. Liberti: Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.