Perspektif dan Pengembangan Model RPP Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019

Risna Octavia

Abstract


Surat Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019 merupakan surat edaran yang dikeluarkan Mendikbud pada tanggal 10 Desember 2019 berisi tentang penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) Implementasi Surat Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019 di MAN 1 Kota Malang; (2) Perspektif Guru PPKn MAN 1 Kota Malang terkait Surat Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019;dan (3) Pengembangan Model RPP Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019 di MAN 1 Kota Malang. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan  deskriptif yang dilakukan di MAN 1 Kota Malang pada bulan Juli Sampai dengan Agustus 2020. Subjek Penelitian antara lain guru PPKn dan Waka Kurikulum di MAN 1 Kota Malang. Teknik  pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi data,  penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi dari Surat Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019 di MAN 1 Kota Malang sudah diberlakukan pada semester tahun ajaran 2020-2021. Kebijakan yang lebih dikenal dengan kebijakan RPP satu lembar diberlakukan dengan tujuan untuk dapat tercapai prinsip efisien, efektif dan berorientasi kepada murid. (2) Perspektif guru PPKn terkait dengan Surat Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019 adalah bahwa dalam kebijakan RPP satu lembar ini tidak ada kesulitan dalam penyusunannya hal tersebut selaras dengan arahan bahwa guru tidak terlalu dibebani dengan administrasi. (3) Model Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di MAN 1 Kota Malang dapat dilakukan oleh guru secara variasi dan kreatif dengan tetap memperhatikan silabus pembelajaran yang menjadi pedoman dalam penyusunannya.

Kata kunci: perspektif, pengembangan, model RPP


Full Text:

PDF

References


Afrilianasari, Fisa (2014) Pengembangan Modul Cetak Gambar Ilustrasi Mata Pelajaran Seni Rupa untuk Peserta Didik Kelas VIII SMPN 6 Magelang. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Aji Heru Muslim & Supriatna. (2016). Studi deskriptif permasalahan pembelajaran PKn dalam membentuk karakter siswa kelas V SD 12 Kota Bengkulu. Jurnal Guru Sekolah Dasar 1(1) : 25-33

Amroellah, Afif, dkk. 2018. Analisis Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Muatan Pelajaran PPKn di Kecamatan Situbondo. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Vol. 3 No. 2 Bulan September 2018

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta

Benny Susetya. 2017. Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP melalui Supervisi Akademik di SDN Gambiran Yogyakarta Tahun 2016. Jurnal Taman Cendekia Vol. 01 No. 02 Desember 2017

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5164 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Madrasah.

Finali, Zetti. 2016. Pengembangan RPP PKn Berbasis Model Triprakoro dan Budaya Lokal (Using) untuk Mengembangkan Nilai Komunikatif pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pancaran, Vol 5, No. 4, Hal 213-222.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019) Merdeka Belajar. Jakarta

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2020 tentang panduan kurikulum darurat dalam madrasah.

M, Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. (cetakan ketiga). Bandung; Remaja Rosdakarya.

Machful Indra Kurniawan dan Rifki Afandi. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran PKn Berbasis Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PEDAGOGIA ISSN 2089-3833 Volume. 5, No. 2, Agustus 2016

Moleng, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Rahmayani. 2016. Implementasi Manajemen Pembelajaran PPKn Kurikulum 2013. Jurnal Manajer Pendidikan, Volume 10, Nomor 2, Maret 2016, hlm. 143-148

Sufiati,Vivi dan Sofia Nur Afifah. 2019. Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8 (1), 2019, 48-53

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitati Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Surat Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019 tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


Refbacks

  • There are currently no refbacks.