Peran Program Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) Dalam Perluasan Akses Pendidikan Di SMK Negeri 1 Bandar Lampung
Abstract
The purpose of this research was to describe the role of regional School Operations Assistance (BOSDA) program in the expansion of access to education in SMK Negeri 1 Bandar Lampung. This research used qualitative descriptive method. The subjects of the research were the schools’ principal, the schools’ treasurer, the teachers and the XI grade students BOSDA receivers. In collecting the data, interviews, observations and documentation were used, while in analyzing the data, creadibility tests with source critisizm and triangulation were used. The results of this research showed that the role of BOSDA program in the expansion of access to education in SMK Negeri 1 Bandar Lampung has been implemented properly, such as giving educational efforts for poor students to be able getting appropriate facilities at SMK Negeri 1 Bandar Lampung by freeing the school fees, purchasing and copying textbooks, giving the extra lesson for free to those who are not able to afford, and to completing the equipments and tools for practicing.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang peran program BOSDA dalam perluasan akses pendidikan di SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Bendahara BOSDA Sekolah, Tenaga Pendidik dan Peserta Didik Kelas XI Penerima BOSDA. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan uji kredibilitas dengan kritik sumber dan triangulasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa peran program BOSDA dalam perluasan akses pendidikan di SMK Negeri 1 Bandar Lampung telah dilaksanakan dengan baik, seperti memberikan upaya mengenyam pendidikan bagi peserta didik tidak mampu di SMK Negeri 1 Bandar Lampung dengan membebaskan biaya SPP, pembelian dan penggandaan paket buku pelajaran, kegiatan ekstraikurikuler dan program bimbel/les bagi peserta didik tidak mampu, serta membantu operasional pembelajaran dengan melengkapi alat dan bahan praktik.
Kata Kunci: Peran, Program BOSDA, Perluasan Akses Pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu., & Uhbiyanti, Nur. 2015. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Badruzzaman. 2013. Perluasan dan Pemerataan Akses Pendidikan Di Kabupaten Sorong. Jurnal Penelitian Agama dan Sosial Budaya. Volume 19.
Bakry, Aminuddin. 2010. Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik. Jurnal MEDTEK. Volume 2. Nomor 1.
Dunn, William N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik (Edisi Kedua). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Hasbullah. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Herdiyansyah, Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Ihsan, Fuad. 2008. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Kadir Abdul, Fauzi Ahmad, dkk. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Kintamani, Ida. 2008. Kesenjangan Gender Dalam Pemerataan dan Perluasan Akses Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Volume 14. Nomor 75.
Provinsi Lampung. 2017. Peraturan Gubernur Lampung Nomor 29 Tahun 2017, Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Daerah Provinsi Lampung Tahun 2017.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Republik Indonesia. 1945. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, tentang Pendidikan Dan Kebudayaan.
Subarsono, AG. 2013. Analisis Kebijakan Publik (Konsep, Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Syarbaini, Syahrial & Rusdiyanta. 2009. Dasar-Dasar Sosiologi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wahab, Solichin Abdul. 2012. Analisis Kebijakan: Dari Formulasi Ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.