Peran Pasraman Sebagai Wahana Penguatan Karakter Gemar Membaca Pada Anak Di Desa Mulya Sari Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan

Nyoman Atyani, Hermi Yanzi, Rohman Rohman

Abstract


The purpose of this study was to describe the function of PASRAMAN a way to strengthening the character of reading fondness on children in Mulya Sari village, Negeri Agung Strengthen, Way Kanan District. The research method used in this study was quantitative description which consists of 29 persons. The data analysis was using Chi quadrate. The result of the study showed that (1) the function of Pasraman (x) was dominantly in the enough category with percentage (48%), (2) the strengthening the character of reading fondness (y) was dominant in the enough categorize with presentage (48) ; (3) ) there was positive relationship, significant and strong closeness category between Pasraman's Role in Strengthening Reading-Fondness Characters, it meant that the more role Pasraman played,it allowed the stronger character for childrento like reading. By adding reading books, Pasraman could maintain, realize and develop its role in strengthening the reading fondness character to children,

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Peran Pasraman Sebagai Wahana Penguatan Karakter Gemar Membaca Pada Anak Di Desa Mulya Sari Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Populasi 29 orang. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukan (1) Peran Pasraman (X) dominan pada kategori cukup berperan dengan persentase (48%) , (2) Penguatan Karakter Gemar Membaca (Y) dominan pada kategori gemar dengan persentase (41%), (3) terdapat hubungan yang positif, signifikan dan kategori keeratan kuat antara Peran Pasraman dalam Penguatan Karakter Gemar Membaca, artinya semakin berperan Pasraman memungkinkan semakin menguatnya karakter gemar membaca pada anak. Pasraman dapat mempertahankan, mewujudkan dan mengembangkan perannya dalam penguatan karakter gemar membaca pada anak, dengan menambah buku-buku bacaan.

Kata kunci : Gemar Membaca, Karakter, Pasraman.

 


 


Full Text:

PDF

References


Anggita, Made. 2018. Pasraman Dari Masyarakat, Untuk Masyarakat, & Oleh Masyarakat.Jurnal Ilmiah Sosiopolitika. Volume 9. Nomor 1.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Christian, Florentinus. 2015. Peran Kepala Desa Dalam Pembangunan Di Desa Budaya Sungai Bawan Kecamatan Muara Badak Kab. Kutai Kartanegara. Journal Ilmu Pemerintahan. Universitar Mulawarman. Volume 2. Nomor 3.

Sholicah, Siti. 2018.Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam.Volume 07. Nomor 2.

Stamadova, Hasven., Yanzi, Hermi., & Nurmalisa, Yunisca. 2016. Peranan Tokoh Adat Dalam Mempertahankan Adat Tunggu Tubang Pada Masyarakat Semendo. Jurnal Kultur Demokrasi.Volume 4. Nomor 5.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Yanuarti, Eka. 2017. Pemikiran Pendidikan Ki. Hajar Dewantara dan relevansinya Dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian. Volume 11. Nomor 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.