Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Social Skill Peserta Didik Kelas XI SMA Global Madani

Shelvy Oktavia S, Berchah Pitoewas, Rohman Rohman

Abstract


The purpose of this study was to describe the influence of peers on the development of students' social skills. The research method used in this research is quantitative descriptive method. The sample in this study was 84 respondents. Data collection was done by using questionnaire techniques, interviews, and documentation. Data were analyzed by using Chi Squared formula. The results of this study indicate that there is a significant influence between peers on the development of social skills in eleventh grade of Global Madani Bandar Lampung High School academic year 2018/2019 with a percentage of 12% less influential categories, while 43% has quite influential categories and 45% has influential categories. In the development of social skills, 8% is categorized as less skilled, while 45% in the category is skilled enough, and 47% is categorized as skilled, and has a result of 0.48 which indicates a moderate closeness of the significant influence between peers on the development of social skills of students.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh teman sebaya terhadap perkembangan social skill peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 responden. Pengumpulan  data  menggunakan  tehnik  angket,  wawancara  dan  dokumentasi. Data dianalisis menggunakan rumus Chi Kuadrat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara teman sebaya terhadap perkembangan social skill peserta didik kelas XI SMA Global Madani Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan persentase sebanyak 12% kategori kurang berpengaruh, sedangkan 43% kategori cukup berpengaruh dan 45% kategori berpengaruh. Pada perkembangan social skill 8% kategori kurang terampil, sedangkan 45% kategori cukup terampil dan 47% kategori terampil, serta memiliki hasil 0,48 yang menunjukkan keeratan sedang antara pengaruh yang signifikan antara teman sebaya terhadap perkembangan social skill peserta didik.

Kata kunci: teman sebaya, social skill, peserta didik

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2016. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka.

Alfadina, Y. D. 2017. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Sikap Materialistis Dan Sikap Hedonisme Remaja. Jurnal Kultur Demokrasi. Vol. 5. No. 6.

Anwar. 2015. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: Alfabeta.

Damsar. 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Preneda Media Group.

Hertinjung, W. S., et al. 2008. Keterampilan Sosial Anak Pra Sekolah ditinjau dari Interaksi Guru-Siswa Model Mediated Learning Experience. Jurnal Penelitian Humaniora. Vol 9. No. 2.

Laeni, N. A., Hasyim. A., & Yanzi, H. 2016. Pengaruh Hubungan Sosial Teman Sebaya terhadap Pilihan Melanjutkan Pendidikan ke-SMPN 5. Jurnal Kultur Demokrasi. Vol. 4. No. 2.

Perdana, A. 2013. Pengaruh Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Terhadap Keterampilan Sosial Mahasiswa Program Study PPKn Universitas Lampung. Bandar Lampung. Jurnal Kultur Demokrasi. Vol. 1. No. 7.

Purwanti, E. 2015. Pengembangan Instrumen Keterampilan Sosial Berbasis Observasi dan Sosiometri dalam Pembelajaran IPS. Bandar Lampung. Jurnal Studi Sosial. Vol. 3. No. 1.

Sarwono, S. W. 2012. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, S. 2009. Psikologi Sosial. Surabaya: Jenggala Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.