Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pengayaan

Seri Sudiwito, Adelina Hasyim, Hermi Yanzi

Abstract


The purpose of this research are for describe and analyze the factors that influencing teachers in the implementation of enrichment learning in SMPN 3 Terbanggi Besar. The method that used in this research was descriptive method with the quantitative approach. Population in this research is 40 respondents. Data collections techniques using questionnaires and supporting techniques are interview and documentation. Data analysis using the chi square. The results showed that there are three factors that influence the teachers in the implementation of enrichment learning in SMPN 3 Terbanggi Besar that is teachers competence factors that includes teacher pedagogic competence in comprehending enrichment learning and pedagogic competence of teachers in giving enrichment learning, teachers attitude factors and time factor. With the acquisition and the results of the analysis of influence test using chi square formula, shows that time is highest factors that influencing the teachers in the implementation of enrichment learning in SMPN 3 Terbanggi Besar.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam pelaksanaan pembelajaran pengayaan di SMPN 3 Terbanggi Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penunjang adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan chi kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga faktor yang mempengaruhi guru dalam pelaksanaan pembelajaran pengayaan di SMPN 3 Terbanggi Besar yaitu faktor kompetensi guru yang mencakup kompetensi pedagogik guru dalam memahami pembelajaran pengayaan dan kompetensi pedagogik guru dalam memberikan pembelajaran pengayaan, faktor sikap guru serta faktor waktu. Dengan perolehan dan hasil analisis uji pengaruh menggunakan rumus Chi Kuadrat, menunjukkan bahwa waktu merupakan faktor tertinggi yang mempengaruhi guru dalam pelaksanaan pembelajaran pengayaan di SMPN 3 Terbanggi Besar.

Kata kunci: guru, pembelajaran, pengayaan




Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Kunandar. 2011. Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik:Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Pers.

Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muslich, Masnur. 2007. KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: PT Bumi Aksara

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 22 Tahun 2016 Bab III Tentang Perencanaan Pembelajaran

Rahayuningsih, Sri Utami. 2008. Psikologi Umum. Jakarta

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Sukiman. 2012. Pengambangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani

Suyatno. 2008. Panduan Sertifikasi Guru. Jakarta: indeks


Refbacks