PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK OLEH APARATUR DESA

Muhammad Ardhiansyah, Irawan Suntoro, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The purpose of this study was to describe the public perception of public services by village officials. The method used in this research is descriptive method with quantitative approach. The sample in this study amounted to 60 respondents. Analysis of the data using formulas and percentages interval. The results showed that the public perception of the public service by the village officials are: (1) The public is less familiar to the public service, (2) negative public response, (3) positive societal expectations. Based on these three indicators can be concluded tendency public perceptions of the public service by the village officials tend to be negative. Thus showing the public service by the village officials are not yet fully apply the principles of good public services which include: simplicity, clarity, certainty of time, ease of access and discipline as set out in Permenpan No. 63 in 2003.

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik oleh aparatur desa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden. Analisis data menggunakan rumus interval dan persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik oleh aparatur desa adalah : (1) Masyarakat kurang paham terhadap layanan publik, (2) tanggapan masyarakat negatif, (3) harapan masyarakat positif. Berdasarkan ketiga indikator tersebut dapat disimpulkan kecenderungan persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik oleh aparatur desa cenderung negatif. Dengan demikian menunjukkan pelayanan publik oleh aparatur desa belum sepenuhnya menerapkan prinsip-prinsip pelayanan publik dengan baik yakni meliputi: kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, kemudahan akses dan kedisiplinan sebagaimana diatur dalam Permenpan No. 63 tahun 2003.

Kata kunci : aparatur desa, persepsi masyarakat, pelayanan publik


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta

Sani, Abdul. 2007. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Syaukani, HR. 2005. Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Sukanto, Sujono. 2009. Dasar-Dasar Kebijakan Publik dan Analisis Kebijakan. Yogyakarta : Ombak.

Toha. Miftah. 2007 . Perilaku Oganisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Keputusan MENPAN Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Standar Pelayanan Publi (Diterbitkan oleh : Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara)

UU Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Otonomi Daerah (Diterbitkan oleh : Kementerian Sekretariat Negara)

UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Diterbitkan oleh : Kementerian Sekretariat Negara)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.