PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP BHINNEKA TUNGGA IKA TERHADAP HUBUNGAN SOSIAL SISWA BERBEDA SUKU

Evi Yunita Sari, Berchah Pitoewas, Hermi Yanzi

Abstract


The purpose of this research was to explain how the influence of understanding the concept of Bhinneka Tunggal Ika towards social relationships of students with different tribe at SMP Negeri 21 Bandar Lampung. The method used in this research was descriptive quantitative method. The subject in this research was the student of grade VIII in SMP Negeri 21 Bandar Lampung, amounted to 302 students with 30 students as the sample. The technique of collecting data was using questionnaires and then the data were analyzed by using Chi Square formula. Based on the result of the research, it showed that the influence was strong and significant between understanding the concept of Bhinneka Tunggal Ika towards social relationships of students with different tribe. It means that, the more student understand the concept of Bhinneka Tunggal Ika, the more good social relationships of students with different tribe, so the social relationships of the students will be harmonious.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimanakah pengaruh pemahaman konsep Bhinneka Tunggal Ika terhadap hubungan sosial siswa berbeda suku di SMP Negeri 21 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Bandar Lampungberjumlah 302 siswa dengan sampel 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan kemudian data dianalisis menggunakan rumus Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara pemahaman konsep Bhinneka Tunggal Ika terhadap hubungan sosial siswa berbeda suku. Artinya, semakin siswa memahami konsep Bhinneka Tunggal Ika maka semakin baik pula hubungan sosial siswa yang berbeda suku sehingga akan terjalin hubungan sosial siswa yang rukun dan harmonis.

Kata kunci: bhinneka tunggal ika, hubungan sosial, suku.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2010. Teori dan Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press.

Koentjaraningrat. 2006. Pengantar Ilmu Antropologi 1. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setiadi, Elly. 2008. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Soekanto, Soerjono. 2008. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wardiyatmoko. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SMP kelas VIII. Bandung: Erlangga.

Widiyanto, Bambang. 2011. Manusia Dalam Kebudayaan dan Masyarakat. Jakarta: Salemba Humaika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.