HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN KEMAMPUAN MENGELUARKAN PENDAPAT DENGAN PRESTASI BELAJAR PKn
Abstract
This study was aimed to analyze and describe the relationship between self concept and the ability of giving an opinion in PKn learning achievement of the tenth grade students at SMAN 1 Seputih Mataram, Lampung Tengah in academic year 2015/2016. The qualitative approach and correlation analysis technique were used as the method in this research. The population of this study was all tenth grade students and the sample was taken from 30% of the population which was 60 respondents. The result showed that there was significant correlation between self concept and the ability of giving an opinion toward PKn learning achievement. It was shown by F count ? F table in which 54,37 ? 3,17. The positive self concept and good ability to deliver opinion showed good PKn learning achievement.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan hubungan konsep diri dan kemampuan mengeluarkan pendapat dengan prestasi belajar PKn pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Seputih Mataram kabupaten lampung tengah tahun 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif survey dengan pendekatan kuantitatif dan dengan teknik analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Seputih Mataram yang keseluruhannya berjumlah 192 siswa dan sampel diambil dari 30% yaitu 60 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara konsep diri dan kemampuan mengeluarkan pendapat dengan prestasi belajar PKn, terlihat F hitung ? F tabel yaitu sebesar 54,37 ? 3,17. Konsep diri yang positif serta kemampuan mengeluarkan pendapat yang baik menunjukan prestasi belajar PKn yang baik.
Kata kunci: kemampuan mengeluarkan pendapat, konsep diri, prestasi belajar PKn
Full Text:
PDFReferences
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Karnadi. 2009. Pengaruh Jenis Kelamin Dan Kreativitas Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Anak Kelas Rendah Di Sekolah Dasar dalam Jurnal Pendidikan Dasar Vol 10 No 2. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri.
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Slameto. 2013. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.