PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA APARATUR DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK

Dwi Lucita Sari, Adelina Hasyim, Yunisca Nurmalis

Abstract


The purpose of this research was describe public perceptions in the performance of civil servants village in improving public services in the village of the Bumi Agung Marga, Abung Timur district, Lampung Utara. Research methodology used in this research was quantitative .Samples in this research were 60 respondents .Data analysis was using interval and the percentage formula. The result showed that public perceptions in the performance of civil servants village in improving public servicesare , ( 1 ) the understanding of the community with the percentage of 73,33 % is in the category of less understand , ( 2 ) the response of the community with the percentage of 73,34 % is in the category of negative , ( 3 ) the expectations of society with the percentage of 53,33 % is in the category of positive .Based on three indicators that public services in terms of regular service has not been satisfied and have not run optimally.

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap kinerja aparatur desa dalam meningkatkan pelayanan publik di Desa Bumi Agung Marga Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden. Analisis data menggunakan rumus Interval dan Presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap kinerja aparatur desa dalam meningkatkan pelayanan publik yaitu, (1) pemahaman masyarakat dengan persentase 73,33% dalam kategori kurang paham, (2) tanggapan masyarakat dengan persentase 73,34% dalam kategori negatif, (3) harapan masyarakat dengan presentase 53,33% dalam kategori positif. Berdasarkan ketiga indikator bahwa pelayanan publik dalam hal pelayanan reguler belum memuaskan dan belum berjalan secara optimal.

Kata kunci: kinerja aparatur desa, pelayanan publik,persepsi masyarakat


Full Text:

PDF

References


Abdulsyani. 2007. Reformasi. Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Bharata, Atep. 2004. Dasar- dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Komputindo

Lewis & Gilman. 2005. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi

Mangkunegara, A.P. 2009. Perilaku Oganisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Marliani. 2010. Kebijakan Publik. Jakarta: Toto

Sedarmayanti. 2011. Good Governance dalam Rangka Otonomi Daerah. Bandung: Mandar M Komputindo.

Sukanto, S. 2009. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar

Widayatun. 2009. Perilaku Oganisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.