PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP TERBENTUKNYA KELOMPOK PERGAULAN DI SMK NUSANTARA LAMPUNG UTARA
Abstract
This study attempted to explain how big the influence of social interaction to the establishment of group promiscuity in SMK NUSANTARA Madukoro district Lampung Utara. Methods used in research was descriptive quantitative method. Included in this study taken as much as 25 % of 468 number of vocational students of Nusantara Kotabumi and obtained 117 students from class ten to class twelve. Data collecting technique using the questionnaire ,while data analysis techniques was using chi square. The results of the study showed that: ( 1 ) the influence of social interaction students (x) is dominant in enough catagory with the 36 %, ( 2 ) groups of intercommunication ( y ) dominant in quite useful with 50 %, ( 3 ) the results of the study showed that there are positive, significant, and close, it means the better the process interaction students are very influential over the intercommunication is to be formed.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh interaksi sosial siswa terhadap terbentuknya kelompok pergaulan di SMK Nusantara Kabupaten Lampung Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 25% dari 468 jumlah siswa-siswi SMK Nusantara Kotabumi dan diperoleh 117 siswa dari kelas sepuluh sampai dengan kelas duabelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, Teknik analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pengaruh Interaksi sosial siswa (X) dominan pada kategori cukup berpengaruh dengan persentase 36%, (2) Kelompok-kelompok pergaulan (Y) dominan pada kategori cukup bermanfaat dengan persentase 50%, (3) hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang positif, signifikan, dan kategori keeratan, artinya semakin baik proses interaksi siswa sangat berpengaruh terhadap kelompok pergaulan yang akan terbentuk.
Kata kunci: interaksi sosial siswa, kelompok pergaulan formal, kelompok pergaulan informal
Full Text:
PDFReferences
Abdullah. 2011. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Abraham, Amit. 2005. Mengupas Kepribadian Anda. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Suryabrata, Sumadi. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Jakarta: Graha Ilmu.
Tuu, Tulus. 2012. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.