HUBUNGAN PEMAHAMAN TENTANG KEWAJIBAN PESERTA BPJS KESEHATAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN
Abstract
The aim of this research was to explain the correlation between comprehension of the obligations of the BPJS participants with the utilization of health. The method used was descriptive quantitative approach, the subjects of the study were participants in the Health BPJS Tanjung Harapan, totaling 604 people. Samples were taken at 10% or 60 people scattered randomly (random sampling). Data analysis was using Chi Square. The results of the research based on data analysis and hypothesis testing that has been done, showed that there is a correlation between comprehension of the obligations of BPJS participants with the utilization of health services was in the category of strong cohesion. An understanding of the obligations of BPJS participants tend to be familiar with 22 respondents from 60 respondents (36.7%), and tends to be used by a large percentage of 50% or 30 respondents.
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan hubungan pemahaman tentang kewajiban peserta BPJS Kesehatan dengan pemanfaatan pelayanan. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, subyek yang diteliti merupakan peserta BPJS Kesehatan di Desa Tanjung Harapan , yang berjumlah 604 orang. Sampel yang diambil sebesar 10% atau 60 orang yang tersebar secara acak (random sampling). Analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka terdapat hubungan pemahaman tentang kewajiban peserta BPJS Kesehatan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan dalam kategori keeratan kuat. Pemahaman tentang kewajiban peserta BPJS Kesehatan cenderung paham dengan banyak 22 responden dari 60 responden (36,7%), dan cenderung dimanfaatkan dengan besar presentase 50% atau 30 responden.
Kata kunci: kewajiban peserta BPJS, pelayanan kesehatan, pemahaman.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Barata, Atep Adya. 2004. Dasar dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Daryanto, H.M. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta
Depkes RI. 2009. Sistem Kesehatan Nasional: Jakarta.
Kemenkes-RI. 2014. Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan. Jakarta: Kemenkes-RI.
Sekretariat Negara . 2004. Undang-Undang No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta : Sekretariat Negara.
-------------------. 2011. Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jakarta: Sekretariat Negara.
Setyosari Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta : Kencana predana media groub.
Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management : Mewujudkan layanan prima edisi II. Yogyakarta : Penerbit C.V. Andi offset.
Refbacks
- There are currently no refbacks.