HUBUNGAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG MATERI HAM DENGAN SIKAP SISWA TERHADAP TINDAK KEKERASAN

Erizka Putri Yuliani, Adelina Hasyim, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The aim of this research was to explain how the relationship of students understanding of human rightss learning material with students attitude on violence at SDN 2 Gunung Terang Bandar Lampung in 2014-2015. The method that used in this research was assosiation technique with descriptive method. The sample of this research were 28 students. The main technique to submit the data was using test and questionnaire. Variable in this research was understanding the relationship of students understanding of human rightss learning material with students attitude on violence. The result of this research showed that : 1) Students understanding of human rights has quite good knowledge category ; 2) Students attitude on violence has quite nonsupport category; 3) Based on the result of the research then there is a relationship of students understanding of human rightss learning material with students attitude on violence at SDN 2 Gunung Terang Bandar Lampung in 2014-2015.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana hubungan pemahaman siswa tentang materi HAM dengan sikap siswa terhadap tindak kekerasan di SDN 2 Gunung Terang Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik asosiasi hubungan dua variabel dan sampel berjumlah 28 siswa. Teknik pokok pengumpulan data dengan menggunakan tes dan angket. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa tentang materi HAM, variabel terikatnya adalah sikap siswa terhadap tindak kekerasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pemahaman siswa tentang materi HAM berada pada kategori paham; 2) Sikap siswa tehadap tindak kekerasan berada pada kategori tidak mendukung; 3) Berdasarkan hasil analisis hipotesis yang dilakukan, maka terdapat hubungan pemahaman siswa tentang materi HAM dengan sikap siswa terhadap tindak kekerasan di SDN 2 Gunung Terang Bandar Lampung.

Kata kunci : pemahaman siswa, HAM, tindak kekerasan.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu., Drs., H. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Anwar,Yesmil. 2004.Saat Menuai Kejahatan:Sebuah Pendekatan Sosiokultural Kriminologi, Hukum. Bandung: UNPAD Press.

Daryanto.2008.Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2008. Pengembangan Materi Pembelajaran. Dikutip dari http://directory.umm.ac.id pada hari Rabu, 29 April 2014 pukul 11.00 WIB.

Harjanto. 2011. Perencanaan Pengajaran.Jakarta : Rineka Cipta.

Sarwono, Sarlito W. Dan Eko A. Meinarno.2009.Psikologi Sosial.Jakarta: Salemba Humanika.

Slameto.2010.Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudaryono.2012.Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono, Anas. 2009.Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana, Nana. 2009.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Taniredja, Tukiran. Prof. Dr. M.M., dkk. 2013.Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Ombak (Anggota IKAPI).

Yusuf, Syamsu L.N.,dkk. 2011.Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.