PERANAN PEMBELAJARAN PPKn DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN TERHADAP PENEGAKKAN HAM PADA SISWA SMP TUNAS HARAPAN
Abstract
This research aims at explaining and analyzing the role of learning PPKn to build students awareness of human rights enforcement in SMP Tunas Harapan 2014/2015 academic year. In this research, questionnaire, interview, documentation and literature are used as data collecting technique by the researcher and for data analysis, the researcher uses interval formula and percentage. Based on the result, it shows that: (1) there are 5 respondents or 50% of the population are understandable about the material in learning PPKn, (2) there are 7 respondents or 70% of the population are capable about the educational model in learning PPKn, (3) there are 8 respondents or 80% of the population are underprivileged about teachers teaching competence in learning PPKn.
Tujuan penelitian untuk menjelaskan dan menganalisis peranan pembelajaran PPKn dalam rangka menumbuhkan kesadaran terhadap penegakkan hak asasi manusia pada siswa SMP Tunas Harapan Bandar Lampung Tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan jumlah populasi 10 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan, sedangkan analisis data menggunakan rumus interval dan presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran PPKn tentang materi pelajaran sebanyak 5 responden atau 50% masuk dalam kategori memahami, (2) pembelajaran PPKn tentang model/pelajaran pendidikan sebanyak 7 responden atau 70% masuk dalam kategori mampu, (3) pembelajaran PPKn tentang kemampuan guru mengajar sebanyak 8 responden atau 80% masuk dalam kategori kurang mampu.
Kata Kunci : pembelajaran PPKn, materi pelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.
Departemen Pendidikan dan Perpustakaan. 2003. Sistem Pendidikan Nasional (Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003). Fokusmedia. Jakarta.
Hamalik Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.
Hadi Sutrisno. 1977. Statistik 2. UGM. Yogyakarta.
Syahrial Syarbaini dkk. 2006. Membangun Karakter dan Kepribadian Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Graha Ilmu. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.