PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP ADAB SOPAN SANTUN SISWA KELAS X
Abstract
The purpose of this study was to describe and analyze the influence of the social environment to the civilized manners of class X students at SMA 1 Sidomulyo South Lampung regency.The method used in this study was a quantitative descriptive research subjects students who were 32 students. The technique of collecting data was using questionnaires with a reliability test using Product Moment and Spearman Brown, while data analysis was using Chi Kuadrat. Based on the research that has been done, it can be seen that it is proved strong on contingency coefficient C = 0.58 and a maximum contingency C_maks = 0.81. Based on these calculations, the level of the relationship with KAT = 0.71 are in the strong category. It means, there is a strong influence on the influence of the social environment to the civilized manners of class X students at SMA 1 Sidomulyo South Lampung regency.
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh lingkungan sosial terhadap adab sopan santun siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas 1 Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian siswa yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan uji realibilitas menggunakan Product Moment dan Spearman Brown, sedangkan analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terbukti kuat pada koefisien kontingensi C = 0,58 dan kontingensi maksimum = 0,81. Bedasarkan perhitungan tersebut maka tingkat keeratan hubungan dengan KAT = 0,71 berada pada kategori kuat. Artinya, terdapat pengaruh yang kuat pada pengaruh lingkungan sosial terhadap adab sopan santun siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas 1 Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan.
Kata kunci: adab sopan santun, lingkungan sosial, pengaruhFull Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Renika Cipta.
Gunarsa, D. 2009. Psikologi untuk Pembimbing. Jakarta: Renika Cipta.
Hadi, Sutrisno. 2004. Metode Research. Yogyakarta: Yayasan Psokologi UGM.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.