Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Rendahnya nilai matematika siswa diindikasikan salah satunya karena rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kemampuan tersebut penting dimiliki oleh siswa baik untuk belajar matematika maupun kehidupan sehari-harinya, namun hasil observasi menunjukkan masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disebabkan kecenderungan siswa belajar secara individu, serta kurangnya stimulus dan respon terhadap pekerjaan siswa, sehingga dibutuhkan suatu cara sebagai solusinya, yaitu dengan diterapkannya model pembelajaran AIR yang melibatkan auditory, intellectually dan repetition untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran AIR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan mengetahui pembelajaran yang lebih baik antara model pembelajaran AIR dengan pembelajaran konvensional serta sikap siswa terhadap model pembelajaran AIR. Penelitian ini berbasis quasi experimental designdengan hanya melakukan posttest. Instrumen yang digunakan antara lain berupa tes pemecahan masalah, observasi, wawancara, dan skala sikap dengan subjek penelitian jumlah tiap kelas sebanyak 36 siswa. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kelas AIR lebih tinggi sebesar 71,87 dibandingkan kelas KVS sebesar 59,54. Hal ini menandakan bahwa model pembelajaran AIR lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran AIR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika yang didukung oleh sikap positif siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran AIR.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjiip.v5i2.29055
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.