Hubungan Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar dengan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas III SD

Nelly Astuti, Farisa Nur Aini, Siska Mega Diana, Erni Mustakim

Abstract


Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas III SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan keaktifan belajar dengan hasil belajar tematik peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto korelasi. Populasi berjumlah 78 orang peserta didik dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan keaktifan belajar dengan hasil belajar tematik peserta didik ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,593 bearada pada taraf ”Cukup Kuat”.

Full Text:

PDF

References


Adami, Z., Affan, M. H. A. M. H., & Hajidin, H. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Elementary Education Research, 2(4).

Ananda, R., & Abdillah, A. (2018). Pembelajaran terpadu: karakteristik, landasan, fungsi, Prinsip dan model. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), Medan.

Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bintartik, L., Yuniawatika, E. U., & Untari, E. (2017). Learning Style of Grade V Students At Elementary Schools In Blitar. International Research-Based Education Journal, 1(2), 103-107.

Hasanah, Risa Zakiatul. (2021). Gaya Belajar (Learning Style). Malang: Literasi Nusantara.

Izzatunnisa, I., Adha, C., & Wandini, R. R. (2023). Gaya Belajar Siswa Kelas III Dalam Pembelajaran Tematik (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Islamic Center). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 463-469.

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.

Lestari, E. P., Januar, H., Miyono, N., & Riskiyati, N. (2023). Identifikasi Gaya Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 10735-10744.

Mukaromah, V.P. 2019. Skor Hasil Belajar Indonesia di Bawah Malaysia dan Brunei Darussalam. htts://kompas.com/tren/read/2019/12/04/200600565. Diakses pada 12 November 2022. Pukul 20.50 WIB.

Peraturan Pemerintah R1. (2022). Peraturan menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi republik indonesia nomor 21 tahun 2022 tentang standar penilaian pendidikan pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah (pp. 1-9). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220523_140932_SALINAN_Permendikbudristek%20No_21%20Tahun%202022_%20Standar%20Penilaian%20Pendidikan%20(jdih.kemdikbud.go.id).pdf

Pratiwi, D. N., Siswantoro, S., & Sudirman, A. (2019). Hubungan Gaya Belajar dan Konsentrasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(4).

Putri, R. A., Magdalena, I., Fauziah, A., & Azizah, F. N. (2021). Pengaruh gaya belajar terhadap pembelajaran siswa sekolah dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157-163.

Rachmawati, Tutik dan Daryanto. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Rohmi, D. I. M. (2017). Hubungan Gaya Belajar Dan Keaktifan Siswa Dengan Hasil Belajar Ips Kelas V SDN Gugus Gajahmada Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri. Skripsi, diterbitkan. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Sudjana, Nana. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Tegeh, I. M., & Pratiwi, N. L. A. (2019). Hubungan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jurnal Ika, 17(2), 150-170.

Putri, D. A., & Taufina, T. (2020). Meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model make a match di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 610-616.

Wahyu, Apriliya. (2019). Hubungan Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Skripsi, diterbitkan. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Wahyuningsih, A. R. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi melalui PBL Berbantuan Video Tutorial. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 235-242.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model pembelajaran mastery learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Deepublish.

Wibowo, A. T., Sarengat, dan Astuti, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (14): 1-13.

Yanti, N. H., Nuvitalia, D., Miyono, N., & Rizkiyati, N. (2023). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar menggunakan Aplikasi Wordwall. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 634-638.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjiip.v6i2.28383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.