Sistem Pengembangan Karir Guru Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Pringsewu

Fatqul Hajar Aswad

Abstract


Tinjauan penyusunan jurnal ini untuk mengetahui sistem yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu dalam pengembangan karir guru ASN sebagai bentuk penghargaan terhadap kinerja guru. Metode  yang  digunakan  berupa  kajian  regulasi  yang mengatur tata kelola  pengembangan  karir  jabatan fungsional guru baik berupa undang-undang, peraturan pemerintah dan peraturan kementerian terkait. Hasil literature review dapat diuraikan bahwa  sistem pengembangan karir guru  merupakan bagian integral dari sistem penghargaan dan perlindungan guru. Selain pengembangan karir, penghargaan terhadap guru ASN juga mencakup aspek peningkatan kesejahteraan dan perlindungan profesi.  Implementasi pengembangan karir guru ASN diterapkan dalam sistem yang dinamakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Sistem ini berupa kumpulan dokumentasi seluruh tugas utama guru juga  tugas pengembangan diri yang pada akhirnya menjadi prasyarat penilaian prestasi guru melalui sistem penilaian angka kredit jabatan fungsional guru.  Sistem yang digunakan untuk penilaian prestasi kerja guru disebut sistem angka kredit jabatatan fungsional guru. Saran yang direkomendasikan hasil literaure review ini antara lain (1) Penghargaan terhadap guru ASN selayaknya tidak hanya diwujudkan dalam pengembangan karir, namun peningkatan kesejahteraan dan perlindungan profesi selayaknya mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah (2) Penerapan sistem penilaian angka kredit jabatan fungsional guru hendaknya dilakukan secara transparan, akuntabel dan menggunakan Sistem Informasi Berbasis Digital agar efektif, efesien.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjiip.v4i1.27452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.