Sikap Biologi Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Berdasarkan Kurikulum 2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa kelas XI IPA pada materi Sistem Eksresi di SMA Swasta Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptiif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 2 kelas, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak total seluruh banyak siswa yang terdiri dari 2 kelas tersebut yang berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket sikap. Hasil analisis data yang diperoleh pada sikap siswa melalui angket sikap siswa yang paling tinggi adalah indikator menanggapi (A2) dengan nilai peresentase 68,75%, pada indikator menghargai (A3) dengan nilai peresntase 67,16%, pada indikator mengorganisasikan (A4) dengan nilai peresntase 68,66%, pada indikator mengkarakteristrik (A5) dengan nilai persentase 68,58%, sedangkan pada kategori dalam indikator sikap yang paling rendah adalah indikator menerima (A1) 59,91%. Sikap siswa kelas XI SMA Swasta Parulian 2 Medan didapatkan rata-ratanya sebesar 68,8 dapat dikategorikan sikap siswa sudah dikatakan baik.
Kata Kunci: Sikap Siswa, Sistem Ekskresi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Choir, M.(2022).Persepsi Siswa SMA terhadap Pembelajaran Biologi dalam Ranah Taksonomi Bloom. Neuron:Journal of Biological Education, 2(1),23-32.
Desti Herawati, Suci Siti Latifah, R.R.M. (2018). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Biologi. 2(2), 1–6.
Hardiyanti, K., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2018). Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di Sma Negeri 5 Muaro Jambi. EduFisika, 3(02), 1–12. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i02.4522.
Maison, Astalini, Kurniawan, D. A., & Sholihah, L. R. (2018). Deskripsi Sikap Siswa Sma Negeri Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Eduasains, 10(1), 160–167.
Nursamsu, N., & Baihaqi, B. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru SMA Negeri Aceh Tamiang. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(3), 193–199. https://doi.org/10.24114/jpb.v5i3.4320
Rahmah, Y. Y., Azmin, N., & Nasir, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP Negri 6 Kota Bima. Oryza ( Jurnal Pendidikan Biologi ), 8(2), 40–46. https://doi.org/10.33627/oz.v8i2. 296
Rangkuti,A.S.,&Ulfa,S.W (2022). Analisis Sikap dan Minat Terhadap Mata Pelajaran Biologi pada Siswa SMA.Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus,8(2).
Riwahyudin,A.(2015). Pengaruh Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1),11-23.
Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). Penilaian Ranah Afektif Dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai Hasil Belajar. Edutainment, 7(1), 71–81. https://doi.org/10.35438/e.v7i1.164.
Ulfa, S. W. (2018). Mentradisikan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 1(10),1-7.
Wahyudi, I. (2020). Urgensi Penilaian Afektif dalam Kurikulum 2013. XIV, 81–109.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjiip.v5i1.27240
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.