Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Daring

Aruna Aushillah Pangestuti, Erni Mustakim, Ujang Efendi

Abstract


The problem in this research is that the learning outcomes in class IV of SD Negeri 2 Hajimena are still low below the minimum completeness criteria. The purpose of this study was to determine the effect of students' learning motivation on learning outcomes in online learning at SD Negeri 2 Hajimena. The method in this research is ex post facto with quantitative research type. The population and sample consisted of 67 students in grade IV SDN 2 Hajimena. The sampling technique used was total sampling. The data collection technique used a student learning motivation questionnaire which revealed 25 statements. The instrument trial used validity and reliability tests. The data analysis technique used a simple linear regression test. The results of data analysis stated that there was an influence between the participants' learning motivation on learning outcomes in the brave learning of the students of SD Negeri 2 Hajimena with a low category.

Keywords: motivation, online learning outcomes, students.

Masalah dalam penelitian ini hasil belajar dalam pembelajaran daring kelas IV SD Negeri 2 Hajimena masih rendah di bawah kriteria ketuntasan minimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar dalam pembelajaran daring SD Negeri 2 Hajimena. Metode dalam penelitian ini adalah ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel terdiri atas 67 peserta didik di kelas IV SDN 2 Hajimena. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar peserta didik yang berjumlah 25 pernyataan. Uji coba instrumen menggunakan uji validitasnya dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil analisis data menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar dalam pembelajaran daring peserta didik SD Negeri 2 Hajimena dengan kategori rendah.

Kata Kunci : hasil belajar daring, motivasi belajar, peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Aji, Wahyu & Dewi Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2: 55-61.

Amalia, Andina & Sa’adah. 2020. Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi. 13: 214-225.

Amelia. 2020. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Online di Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihat Kota Jambi (Skripsi). Universitas Islam Negeri, Jambi.

Arizona, Kurniawan. 2020. Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 5: 66-76

Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Fahrika, Ika & Roy Juliansyah. 2020. Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Perkembangan Makro Ekonomi di Indonesia dan Respon Kebijakan yang Ditempuh.2: 206-213.

Feni. 2014. Pendidikan Sekolah Dasar. PT Refika Aditama, Bandung.

Fredy, F Prihandoko & Anggawirya, A. 2020. The Effect of Learning Experience on the Information Literacy of Students in the Ri-Png Border During Covid-19 Period. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. 7: 171-180.

Khairat, Miftahul. 2021. Hubungan Belajar Daring dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 26 Dompu Tahun Ajaran 2020/2021. Universitas Muhammadiyah Mataram, Mataram.

Karimah., Nur Al Basitha. 2021. Pengaruh Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa di Mi MA’ Arif Pagerwojo (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No. 109 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pada Pendidikan Tinggi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Mustofa, Chodzirin, & Sayekti, L. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Journal of Information Technology. 1: 154-160.

Ningsih, Setia Astari. 2021. Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Kelas IV SDN 17 Negeri Katon (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan, Bandar Lampung.

Nurfaliza & Hiendarasti. 2021. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan (ISSN). 4: 96-107.

Nurwahid, Mohammad. Korelasi Antara Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online dengan Hasil Belajar Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN). 5: 1127-1137.

Pratama, Putra Aldo. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (ISSN). 2: 88-95.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers, Jakarta.

Yatmoko & Fitriani. 2021. Analisis Motivasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Didaktika. 1: 66-76.

Juniayanti, Dewi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning Berbantuan Aplikasi Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya (ISSN). 1: 1-9.

Rikizaputra. 2020. Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Peserta didik. Lectura: Jurnal Pendidikan. 11: 166-176

Suhayati, Ucu. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 1:1-16.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjiip.v4i1.24122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.