STUDI PERBANDINGAN KETERAMPILAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL TS, ST DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR

Selvita Sari, Edy Purnomo, Yon Rizal

Abstract


The problem of this research was the low students social skills on IPS Terpadu. This research was aimed at finding the comparison and interaction of students social skills by using TS and ST model by focusing on the study interest. The method used was comparative with experimental approach. The result of analysis showed: (1) there is a difference of students social skills between TS and ST model on IPS Terpadu subject, (2) students social skills by using TS was better than ST model on IPS Terpadu subject, (3) students social skills by using TS was lower than ST model on IPS Terpadu subject on student who has lower of study interest, (4) there is an interaction between learning model and study interest towards social skills of students.

Masalah penelitian ini adalah rendahnya keterampilan sosial siswa pada pelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini mengetahui perbedaan dan interaksi keterampilan sosial siswa menggunakan model TS dan ST dengan memperhatikan Minat belajar. Metode yang digunakan komparatif dengan pendekatan eksperimen. Hasil analisis: (1) ada perbedaan keterampilan sosial siswa antara model pembelajaran TS dan ST dalam pembelajaran IPS Terpadu, (2) Keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model TS lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model ST dalam pembelajatran IPS Terpadu pada siswa yang minat belajarnya tinggi, (3) Keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model TS lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model ST dalam pembelajaran IPS Terpadu pada siswa yang minat belajarnya rendah, (4) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap keterampilan sosial siswa.

Kata kunci:keterampilan sosial, minat belajar, TS, ST


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Penbelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nopemberia, Nur Afni. 2010. Studi Perbandingan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dan Examples Non Examples Pada Siswa Kelas VI Semester Genap Di SD N Curup Patah Kec Gunung Labuhan Kab Way Kanan Tahun Ajaran 2009/2010. Universitas Lampung.

Sardiman, AM. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F9931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.