PENGARUH CARA BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
The purpose of this research was to know the influence of way of learning, learning discipline, and learning interest to the study results. The research uses descriptive of correlational study method with the ex post facto and survey approach. Data collection was done through questionnaire and documentation. The data which were collected through questionnaire was analyzed by SPSS program. Based on analysis of data it obtained the results that there are significant influence on the way of student learning, discipline of student learning, and the learning interest of student together to the study results of students in SMA Persada Bandarlampung.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh cara belajar, disiplin belajar, dan minat belajar terhadap hasil belajar. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan Ex Post Facto dan survei. Pengumpulan data dilakukan, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada pengaruh signifikan cara belajar siswa, disiplin belajar siswa, dan minat belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa yang ditempuh siswa di SMA Persada Bandarlampung.
Kata kunci: cara belajar, disiplin belajar, minat belajar, hasil belajarFull Text:
PDFReferences
Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah dan Zain. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Inrayuni, Eti. 2011. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA PGRI 1 Punggur Tahun Peiajaran 2010/2011. Skripsi. Unila
Kurniawan, Yuli. 2012. Hubungan Motivasi, Cara Belajar dan Persepsi Siswa tentang Keterampilan Guru Mengajar dengan Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Budaya Bandar Lampung. Skripsi. Unila
Listiana, Febi. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru dan Minat Belajar Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Pringsewu Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi. Unila
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Rhineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F9817
Refbacks
- There are currently no refbacks.