HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL TSTS DAN SFAE DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL
Abstract
Background of this comparative research is from the low learning economy achievement. The purpose of this research was to know the differences of learning economy achievement and to know whether there was any interaction between students whose learning uses TSTS and SFAE modelnthen whether there was any differences of the effectiveness between the models by looking at the students initial ability. Method that was used in this research was quasi experiment. Hypothesis testing was used two variants analysis and t- test two independent samples formulas. Based on data analysis, it obtained that there was a difference between students learning economy achievement and there is interaction between students whose learning using TSTS and SFAE model effectiveness differences model with pay attention to the studentsinitial ability towards Economic lesson.
Penelitian komparatif ini dilatar belakangi oleh hasil belajar ekonomi yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi dan ada tidaknya interaksi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model TSTS dan SFAE serta ada tidaknya perbedaan efektifitas antar model pembelajaran dengan memperhatikan kemampuan awal siswa. Metode yang digunakan eksperimen semu. Uji hipotesis menggunakan Analisis Varians Dua Jalan (Anava) dan T-test Dua Sampel Independen. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar ekonomi dan ada interaksi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model TSTS dan SFAE serta ada perbedaan efektifitas model pembelajaran TSTS dan SFAE dengan memperhatikan kemampuan awal siswa terhadap mata pelajaran ekonomi.
Kata kunci : hasil belajar, kemampuan awal, SFAE, TSTS
Full Text:
PDFReferences
Baharudin. 2010. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Isjoni, 2011. . Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antara Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sardiman. A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F8322
Refbacks
- There are currently no refbacks.