PENGARUH MOTIVASI, METODE MENGAJAR, DAN KETERSEDIAAN SARANA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI
Abstract
The aim of this research is to find out the effect of motivation, methods of teaching and availability of learning outcomes of economy. Method of research uses descriptive verification. Technique analysis data uses Simple Linear Regression and Multiple Linear Regression. The results of research showed: (1) There is an influence of motivation toward learning outcomes in economy with total 51%; (2) There is an influence of methods of teaching toward learning outcomes in economy with total 39,8%; (3) There is an influence of availability of learning toward learning outcomes in economy with total 42,7%; (4) There is an influence of motivation, methods of teaching and availability of learning toward learning outcomes in economy with total 57,6%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, metode mengajar dan ketersediaan sarana terhadap hasil belajar ekonomi. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif verifikatif. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa sebesar 51%; (2) Ada pengaruh metode mengajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa sebesar 39,8%; (3) Ada pengaruh ketersediaan sarana belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa sebesar 42,7%; (4) Ada pengaruh motivasi, metode mengajar, dan ketersediaan sarana belajar terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa sebesar 57,6%.
Kata kunci: hasil belajar, metode mengajar, motivasi, sarana belajar.
Full Text:
PDFReferences
Dimyati & Mudjiyono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Fathurrohman, Pupuh dkk.2010. Strategi Belajar Mengajar. Refika Aditama : Bandung
Purwanto, M. Ngalin. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Riduan.2005. Metode dan Teknik Penyusunan Tesis. Jakarta: Bumi aksara
Rusman, Teddy. 2011. Aplikasi Statistik Penelitian Dengan SPSS. Bandar Lampung.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F5827
Refbacks
- There are currently no refbacks.