PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI METODE DISKUSI DAN TEKNIK KOOPERATIF SCRIPT

Nurhayati Nurhayati, I Komang Winatha, Nurdin Nurdin

Abstract


This study have a purpose to know :1) is there any differences of learning outcomes average result using the Integrated Social learning method of Discussion and Script. 2) are the average results of Integrated Social learning using learning method Discussion more higher than Script. This study used an experimental method with a comparative approach. Means of collecting data in the form of a multiple choice test of 45 questions to 87 students . The results showed : a) there is a difference in average of learning outcomes using the Integrated Social learning method of Discussion and Script. Based on the analysis of data obtained significant 0,00 < 0,05. b) the average results of Integrated Social learning using learning method discussion more higher than Script. Based on the comparison of the average of each items on the experimental class and the control is 0,62 > 0,45.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan metode pembelajaran tipe diskusi dengan tipe Script. 2) apakah rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan metode pembelajaran tipe diskusi lebih tinggi dibandingkan dengan tipe Script. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Alat pengumpul data berupa tes pilihan ganda sebanyak 45 soal kepada 87 siswa. Hasil penelitian menunjukkan; a) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan metode pembelajaran tipe diskusi dengan tipe Script. Berdasarkan analisis data diperoleh signifikan 0,00 < 0,05. b) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan metode pembelajaran tipe diskusi lebih tinggi dibandingkan dengan tipe Script. Berdasarkan perbandingan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol yaitu 0,62 > 0,45.

Kata kunci: hasil belajar, diskusi, script.


Full Text:

PDF

References


A’la, Miftahul. 2011. Quantum Teaching. Jakarta: Diva Press.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Lufri. 2008. Jurnal Nuansa Pendidikan Vol. VI No. 2. Lampung: Lambaga Penjaminan Mutu Pendidikan Lampung.

Maidar G. Arsjad dan Mukti. 2010 . Metode Pembelajaran . (online) (http://idb4.wikispaces.com/file/view/dv4013, diakses 30 November 2012.

Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sanjaya, Wina. Dr. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F5326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.