PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN, PERSEPSI METODE MENGAJAR MELALUI MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
The aim of this research is to know influence of learning media and student perception about teaching methods through learning interest toward learning achievement of IPS Terpadu. Design of research uses descriptive verification. Technique analysis data uses linear regression with path analysis. The results of research showed there are some influence:1.Influence of learning media toward learning interest; 2.Influence of student perception about teaching methods toward learning interest; 3.Correlation of learning media and student perception about teaching methods; 4.Direct influence of learning media toward achievement; 5.Direct influence of student perception about teaching methods toward achievement; 6.Influence of learning interest toward achievement; 7.Influence of learning media toward achievement through learning interest; 8.Influence of student perception about teaching methods toward achievement through learning interest; 9.Influence of learning media and student perception about teaching methods toward learning interest; 10.Influence of learning media, student perception about teaching methods, learning interest toward achievement.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru melalui minat belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Desain penelitian deskriptif verifikatif. Teknis analisis data menggunakan regresi linier dengan analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan ada beberapa pengaruh:1.Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar; 2.Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar terhadap minat belajar; 3.Hubungan antara penggunaan media pembelajaran dan persepsi siswa tentang metode mengajar; 4.Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar; 5.Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar terhadap hasil belajar; 6.Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar; 7.Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar melalui minat belajar; 8.Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar terhadap hasil belajar melalui minat belajar; 9.Pengaruh penggunaan media pembelajaran dan persepsi siswa tentang metode mengajar terhadap minat belajar; 10.Pengaruh penggunaan media pembelajaran, persepsi siswa tentang metode mengajar, dan minat belajar terhadap hasil belajar.
Kata kunci: media pembelajaran, metode mengajar, minat.
Full Text:
PDFReferences
Arifin & Setiyawan.2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif Dengan ICT. Yogyakarta: Skripta.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: PT Pusaka Insan Madani.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4897
Refbacks
- There are currently no refbacks.