PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCAFFOLDING DENGAN TS-TS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Sofia Luthfita, Tedi Rusman, Nurdin Nurdin

Abstract


This study have a purpose to know: 1) difference result of study IPS Terpadu cooperative learning Scaffolding with TS-TS (Two Stay Two Stray). 2) effectivity result of study IPS Terpadu which using cooperative learning Scaffolding more higher than TS-TS (Two Stay Two Stray). This study used an experimental method with a comparative approach. Data collecting instrument is in the form of a multiple choice test of 40 questions for 56 students. The results showed: a) there are differences in the results of Integrated IPS Terpadu through Scaffolding cooperative learning model with TS-TS (Two Stay Two Stray). This is indicated by the obtained Sig. of 17.484 > 2,017. b) there are difference of effectivity learning outcomes using cooperative learning type Scaffolding more higher than TS-TS (Two Stay Two Stray). It is showes premises 7,04 > 6,3.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar IPS Terpadu melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan STAD (Students Teams Achievement Of Division). 2) efektivitas hasil belajar IPS Terpadu yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding lebih tinggi dibandingkan TS-TS (Two Stay Two Stray). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Alat pengumpul data berupa tes pilihan ganda sebanyak 40 soal kepada 56 siswa. Hasil penelitian menunjukkan; a) ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu melalui model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding dengan TS-TS (Two Stay Two Stray). Hal ini ditunjukkan dengan diperoleh Sig. sebesar 17.484 > 2,017. b) efektivitas hasil belajar IPS Terpadu yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding dengan TS-TS (Two Stay Two Stray). Hal ini ditunjukkan dengan 7,04 > 6,3.

 

Kata kunci: hasil belajar, scaffolding, TS-TS.


Full Text:

PDF

References


Apriyanti, Rifqia.2011.Pengaruh Metode Penemuan Dengan MenggunakanTeknik Scaffolding Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.Jakarta:Universitas Negeri Islam Syarif Hidayatullah

Arikunto, 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Daerama.2012.Pengertian Scaffolding at http://dearama18.blogspot.com/2012/10/a.html (Diunduh tanggal 23 Mei 2013)

Karwapi,Muhammad .2012. Keunggulan dan Kelemahan Metode Ceramah dalam Pembelajaran di Kelas at http://karwapi.wordpress.com/2012/11/17/keunggulan-dan-kelemahan-metode-ceramah-dalam-pembelajaran-di-kelas/ (diunduh tanggal 23 Mei 2013)

Monica, Sirait.2012. Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Dengan Pendekatan Scaffolding Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK SMK YAPIM Medan T.A 2011/2012.Medan:Universitas Medan

Prof.Dr. Sugiono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta

Safnowandi, S.Pd., M.Pd.2012.Model Pembelajaran Kooperatif at http://safnowandi.wordpress.com/2012/02/27/model-pembelajaran-kooperatif/ (Diunduh tanggal 10 April 2013)

Susanto, Ras Eko Budi.2011.Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TS-TS) at http://ras-eko.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-two.html (Diakses tanggal 8 April 2013)




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.