PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL TIPE NHT DAN MM
Abstract
This study have a purpose to know :1) the differences average of learning outcomes using the Integrated Social learning models of NHT with MM. 2) whether the increasing of IPS Integrated learning outcomes of students who use the learning model NHT type is higher than the MM type. This study used an experimental method with a comparative approach. The results showed : a) there is a difference in average learning outcomes using the Integrated Social learning models of NHT with MM. Based on the analysis of data obtained significant 2.48 > 2,01. b) improvement of learning outcomes of students who use the Integrated Social learning models of type NHT higher than the MM type. Based on the comparison of the average of each items on the experimental class and the control is 0,60 > 0,51.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran tipe NHT dengan tipe MM. 2) apakah peningkatan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe NHT lebih tinggi dibandingkan dengan tipe MM. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan; a) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran tipe NHT dengan tipe MM. Berdasarkan analisis data diperoleh signifikan 2,48 > 2,01. b) peningkatan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe NHT lebih tinggi dibandingkan dengan tipe MM. Berdasarkan perbandingan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol yaitu 0,60 > 0,51.
Kata kunci: hasil belajar, mm, nht.
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, S. B dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Norita, Esa. 2013. Studi Perbandingan Hasil Belajar dengan Meggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Tipe Mind Mapping dengan Memperhatikan Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Lampung.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2008. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudarmansyah, Didi. 2013. Studi Komparatif Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw (Dengan Mempertimbangkan Bentuk Soal) Terhadap Hasil Belajar IPS siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Batanghari Lampung Timur tahun pelajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Lampung.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4796
Refbacks
- There are currently no refbacks.