PENGARUH KEADAAN EKONOMI ORANGTUA, DISIPLIN MELALUI PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR

Nurhayati Nurhayati, I Komang Winatha, Nurdin Nurdin

Abstract


This research is aimed at finding the influence of parent’s economic condition and dicipline through parent’s afection towards result on IPS Terpadu learning.The method used verificative descriptive method.The result of the study showed, (1)there is an influence of parent’s economic condition towards parent’s affection, (2)there is an influence of learning dicipline towards parent’s affection, (3)there is an influence of parent’s economic condition towards result on IPS Terpadu learning, (4)there is an influence of learning dicipline towards result on IPS Terpadu learning, (5)there is an influence of parent’s affection towards result on IPS Terpadu learning, (6)there is an influence of parent’s economic condition towards result on IPS Terpadu learning through parent’s affection, (7)there is an influence of learning dicipline towards result on IPS Terpadu learning through parent’s affection, (8)there is an influence of parent’s economic condition and learning dicipline towards parent’s affection, (9)there is an influence of parent’s economic condition and learning dicipline through parent’s affection towards result on IPS Terpadu learning.

 

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh keadaan ekonomi orangtua dan disiplin melalui perhatian orangtua terhadap hasil belajar IPS Terpadu.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif.Hasil analisis menunjukkan, (1)ada pengaruh keadaan ekonomi orangtua terhadap perhatian orangtua, (2)ada pengaruh disiplin belajar terhadap perhatian orangtua, (3)ada pengaruh keadaan ekonomi orangtua terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (4)ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (5)ada pengaruh perhatian orangtua terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (6)ada pengaruh keadaan ekonomi orangtua terhadap hasil belajar IPS Terpadu melalui perhatian orangtua, (7)ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu melalui perhatian orangtua, (8)ada pengaruh keadaan ekonomi orangtua dan disiplin belajar terhadap perhatian orangtua, (9)ada pengaruh keadaan ekonomi orangtua dan disiplin belajar melalui perhatian orangtua terhadap hasil belajar IPS Terpadu.

 

Kata kunci: disiplin, keadaan ekonomi, perhatian orangtua


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2002. Psikologo Sosial. Jakarta: Rineke Cipta.

Ahmadi, Abu. 1998. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineke Cipta

Ariah, Siti. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas Viii Semester Ganjil Smp Bina Utama Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

Banita. 2010. Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Orang Tua, Perhatian Orang Tua, dan Disiplin Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 4 Padang Cermin Tahun Pelajaran 2009/2010. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyanto, Agus. 2011. Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil belajar IPS Terpadu Siswa Kelas XI IPS Semester Genap di SMA Negeri 1 Kalirejo Tahun Pelajaran 2009/2010.Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rasyid, Ridho. 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata PelajaranEkonomi Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2007/2008. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto.2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta.

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Walgito, Bimo. 2008. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Yulianti, Evi. 2009. Hubungan Antara Konsep Diri Siswa dan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN YP Unila Bandar Lampung Tahun Ajaran 2008/2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.