FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 01 LIWA
Abstract
This research aims to know the influence of the family environment, learning interest and learning outcomes of school environment accounting students majoring in accounting class X SMK Negeri 1 Liwa. The population in this study are students majoring in accounting class X as many as 71 students. The methods used in this research is descriptive verifikatif with ex post facto approach and the survey. Data collection techniques used in this research is the observation, documentation, question form and interview. Engineering analysis of data used technique is regression analysis. Based on analysis of data obtained conclusion: 1). There is the influence of interest in learning the results of the study of accounting, 2). There is the influence of family environment on the results of the study of accounting, 3). There is the influence of school environment against the results of the study of accounting.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Liwa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi sebanyak 71 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik analisis regresi. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: (1). Ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Akuntansi, (2). Ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar Akuntansi, (3). Ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar Akuntansi.
Kata kunci: minat belajar, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Damayanti, Agustina. 2013. Pengaruh Minat Belajar Dan Lingkungan Belajar Di Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Utama 3 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi FKIP Universitas Lampung.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Puspa swara.
Inrayuni, Eti. 2011. Pengaruh cara belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 1 Metro Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi FKIP Universitas Lampung.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : Grasindo.
Wulaningsih. 2012. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap pada Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva Tetap Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Muhammadiyah Cawas Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Yusuf, Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4673
Refbacks
- There are currently no refbacks.