Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model TGT dan MM

Heni Wiji Astuti, Yon Rizal, Nurdin Nurdin

Abstract


This research aims to know the difference of learning outcomes and the effectiveness of learning models between students of grade XI IPS SMA Negeri 4 Kotabumi who learned using Team Game Tournament (TGT) model with Make a Match (MM) model. This research was clasified as an experimental research with comparative approach. Population in this research are 105 students and samples 71 students (2 classes) were taken by using cluster random sampling. Technique of data collecting using test. Data analysis technique using T-test Polled varians and the effectiveness of manual. The results of research showed: (1) The average in learning outcomes is taught using a model of learning TGT model is higher than that taught using by MM model. (2) There is difference of effectivity between cooperative learning model type TGT with cooperative learning model type MM.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi dan efektivitas model pembelajaran antara siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kotabumi yang pembelajarannya menggunakan model Team Game Tournament (TGT) dan Make a Match (MM). Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 105 siswa dan sampel 71 siswa (2 kelas) diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan T-Test Polled Varians dan efektivitas manual. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model TGT lebih tinggi dibandingkan dengan model tipe MM. (2) Ada perbedaan efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif yang diajar dengan tipe TGT dan model pembelajaran kooperatif tipe MM.

 

Kata kunci : hasil belajar, mm, dan tgt.

Full Text:

PDF

References


Ade. 2011. Ruang Lingkup Mata Pelajaran di SMA

http://adejuve.wordpress.com/2011/11/03/ruang-lingkup-mata-pelajaran-di-sma/

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. 308 Hlmn

Departemen agama. UU no 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan, Zain. 2008. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rhineka Cipta

Eko. 2011. Model Pembelajaran Team Games Tournament http://ekocin.wordpress.com/2011/06/17/model-pembelajaran-teams-games-tournaments-tgt-2/

Pujiawan, Ega. 2012. Pembelajaran Kooperatif Make A Match http://wacanawebsite.blogspot.com/2012/10/model-pembelajaran-kooperatif-make-match.html

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar. 224 Hlmn

Slavin, E. Robert. 2005. Cooperatif Learning: Theory, Riset, And Practice. Allymand Bacon. Bandung : Nusa Media. 348 Hlmn

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. 456 Hlmn




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.