STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL CS DAN MM
Abstract
This research aims to determine the effectiveness of the implementation of CS learning model and MM learning model in the achievement of IPS Terpadu learning outcomes on students of SMP Negeri 30 Bandar Lampung School Year 2013/2014. The method used is a comparative study with experimental approaches.Sampling was conducted using cluster random sampling technique. Hypothesis testing using t-test formula two independent samples and the effectiveness of the formula. Based on the analysis of data obtained: (1)there are differences in result of IPS Terpadu learning using CS model and MM model.(2)there is difference effectiveness between CS modeland MM model.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran CS dan model pembelajaran MM dalam pencapaian hasil belajar IPS Terpadu pada siswa SMP Negeri 30 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah metode penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen dan rumus efektivitas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1)ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model CS dan model MM. (2)ada perbedaan efektivitas antara model CS dan model MM.
Kata kunci: cs, hasil belajar, mm.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hadi, Sutrisno. 2007. Pengaruh Pembekalan Model Cooperative Script Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Ketrampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Laboratorium UM (Makalah disajikan pada Seminar Tesis). Malang.
Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo Arif.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Spurlin. 2007. Pembelajaran Cooperative Script. http://erickbio.wordpress.com/ 2010/10/08/cooperative-script/ (diakses 28 November 2013)
Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
---------. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
-----------. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukendro, Sigit. 2011. Studi Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make A Match Pada Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 1 Pagar Dewa Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Lampung.
Susilowati, Dewi. 2012. Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII A SMP N 4 Kalasan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Verina, Ira Oktavia. 2009. Peningkatan Hasil Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Malang Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Cooperative Script. Skripsi. UM.
Web. 2007. Pembelajaran Cooperative Script. http://minalove.com/artikel/ pengertian+model+pembelajaran+cooperative+script/ (diakses pada 28 November 2013)
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4296
Refbacks
- There are currently no refbacks.