PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN AKTIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR

Eka Wahyu Ningtias, Yon Rizal, Darwin Bangun

Abstract


The purpose of this research is to know whether there is influence in students’ perception about teachers’ teaching skills and student learning activities on students’ achievement of IPS Terpadu in the 8th grade of SMPN 1 Bumi Agung Lampung Timur 2013/2014. This research based on descriptive verification with an ex post facto and surveys which are 128 students are taken by Cochran formula and 96 students are taken by simple random sampling technique. To test the first and second hypotheses the writer uses simple linear regression and for the third hypotheses the writer uses multiple linear regression. The analysis showed that: (1) There is influence of students’ perception of teachers’ teaching skills on achievement of IPS Terpadu; (2) there is influence of student learning activities on achievement of IPS Terpadu; (3) There is influence in students’ perception about teachers’ teaching skills and student learning activities on achievement of IPS Terpadu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 1 Bumi Agung Lampung Timur tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi penelitian ini berjumlah 128 siswa dengan jumlah sampel berdasarkan rumus Cochran sebanyak 96 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Untuk menguji hipotesis 1 dan 2 menggunakan regresi linier sederhana dan hipotesis 3 dengan menggunakan regresi linier multiple. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar IPS Terpadu; (2) Ada pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu; (3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu.

Kata kunci: aktivitas, hasil, persepsi siswa


| Abstract views: 113 | PDF views: 72

Full Text:

PDF

References


A.M., Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

A.M., Sardiman. 2007.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, Drs dan Drs. Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, User Moh. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.