PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT, TSTS, DAN MIND MAPPING
Abstract
This is quasi eksperimental research that aims to know the difference of learning strategy NHT, TSTS and Mind Mapping to student’s evaluation values. Population in this research was eigthth grade student in Junior High School Muhammadiyah 1 Metro in academic year 2013/2014. The sample were VIIIB, VIIID, and VIIIE class choosen by using cluster random sampling technique. This research uses post test only control group design. Hypoteses of test using one way anova formula and t-test dunnet. Based on the analysis of data obtained the following research finding, 1) there is a difference of student’s evaluation value using cooperative learning NHT, TSTS and Mind Mapping strategy, 2) the student’s evaluation values by NHT strategy is higher than TSTS 3) evaluation values by NHT strategy is higher than Mind Mapping strategy, 4) evaluation values by TSTS strategy is higher than Mind Mapping strategy.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT, TSTS, dan Mind Mapping terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan sampel siswa kelas VIIIB, VIIID, dan VIIIE yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan post test only control group design. Pengujian hipotesis menggunakan rumus anava satu jalur dan uji t-dunnet. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh temuan penelitian sebagai berikut, 1) ada perbedaan hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe NHT, TSTS dan Mind Mapping, 2) hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan tipe TSTS, 3) hasil belajar siswa yang pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan tipe Mind Mapping, 4) hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe TSTS lebih tinggi dibandingkan tipe Mind Mapping.
Kata kunci: hasil belajar, mind mapping, NHT, TSTS
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamzah. 2008. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur Dan Model Terapan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Surabaya University Press.
Sudarmanto, Gunawan. 2005. Analisis Linear Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana, Nana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Umar Tirtarahardja dan La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4243
Refbacks
- There are currently no refbacks.