PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN, PERSEPSI SISWA TENTANG PEMANFAATAN SARANA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
The aim of this research is to find out the effect of motivation, discipline, and students' perceptions of utilization of facility in school on learning outcomes of IPS Terpadu class. Method of research uses descriptive verification. Technique analysis uses simple linier regression and multiple linier regression. The results of research showed, (1) There is an influence of motivation learning on IPS Terpadu learning outcomes, (2) There is influence of discipline learning on IPS Terpadu learning outcomes, (3) There is influence of students' perceptions of utilization of facility in school on IPS Terpadu learning outcomes, (4) There is influence of motivation towards learning, discipline towards learning, and students' perceptions of utilization of facility in school to the IPS Terpadu learning outcomes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, disiplin, dan persepsi siswa tentang pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Metode penelitian menggunakan deskriptif verifikatif. Teknik analisis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa, (1) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (2) ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (3) ada pengaruh persepsi siswa tentang pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (4) ada pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, dan persepsi siswa tentang pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu.
Kata kunci: disiplin, hasil belajar, motivasi, sarana.
Full Text:
PDFReferences
Darnawi dan Mohammad Arifin. 2012. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Drs. Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah, B. Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Hermawan, Ferli. 2012. Pengaruh Motivasi Belajar, Cara Belajar dan Perhatian Orang tua Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP N 5 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Universitas Lampung.
Mulyanto, Agus. 2010. Pengaruh Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Semester Genap SMA Negeri 1 Kalirejo Tahun Pelajaran 2009/2010. Universitas Lampung.
Rusman, Teddy. 2011. Aplikasi Statistik Penelitian Dengan SPSS. Bandar Lampung.
Sardiman. 2004. Interaksi Dan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 2005. Interaksi Belajar dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Walgito, Bimo. 2008. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4145
Refbacks
- There are currently no refbacks.