PENGARUH IQ, KEBIASAAN BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU

Nuning Septianawati, I Komang Winatha, Yon Rizal

Abstract


The purpose of this research is to know influence of IQ, habits learning and activity learning toward achievement IPS Terpadu of students class VII the 1st grade of SMP Negeri 1 Punggur of Central Lampung at the year 2013/2014. The method used in this research was descriptive verification method with ex post facto and survey approach. To test all the hypothesis, it uses linier regression with path analysis model. Result of the research show that : (1) There is any influence of IQ toward activity learning; (2) There is any influence of habits learning toward activity learning; (3) There is direct influence of IQ toward achievement IPS Terpadu; (4) There is direct influence of habits learning toward achievement IPS Terpadu; (5) There is any influence of activity learning toward achievement IPS Terpadu’ (6) There is any correlations between IQ with habits learning.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Intelligence Quotient (IQ), kebiasaan belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 1 Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Untuk menguji semua hipotesis menggunakan regresi linier dengan analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh IQ terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII SMP N 1 Punggur ; (2) Ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII SMP N 1 Punggur ; (3) Ada pengaruh IQ terhadap hasil belajar IPS Terpadu; (4) Ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu; (5) Ada pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu; (6) Ada hubungan antara IQ dengan kebiasaan belajar


Kata kunci: aktivitas, hasil, intelligence quotient, kebiasaan.


Full Text:

PDF

References


Alder, Harry. 2001. Pacu IQ Dan EQ Anda. Jakarta: PT. Erlangga

A.M., Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali, H. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surakhmad, Winarto. 2006. Pengantar Interaksi Belajar. Bandung: Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F4140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.