HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI
Abstract
This study aims to determine the relationship of scout extracurricular and character education and achievement motivation. The method used in this research is descriptive associative with an ex post facto approach and surveys. Sampling is a probability sampling the formula of T. Yamane. Hypothesis testing uses product moment correlation and multiple. Object of this study is the eighth grade students who follow the scout with a population of 108 students and a sample of 85 students. Based on the analysis of the data obtained: (1). There is a relationship between scout extracurricular and achievement motivation (2). There is a relationship between character education and achievement motivation (3). There is a relationship between scout extracurricular and character education achievement motivation.
Penelitian bertujuan mengetahui hubungan ekstrakurikuler pramuka dan pendidikan karakter dengan motivasi berprestasi. Metode penelitian deskriptif asosiatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Teknik sampling probability sampling menggunakan rumus T. Yamane. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment dan multiple. Populasi 108 siswa dan sampel 85 siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1). Ada hubungan ekstrakurikuler pramuka dengan motivasi berprestasi (2). Ada hubungan pendidikan karakter dengan motivasi berprestasi (3). Ada hubungan ekstrakurikuler pramuka dan pendidikan karakter dengan motivasi berprestasi.
Kata kunci: motivasi berprestasi, pendidikan karakter, pramuka
Full Text:
PDFReferences
Djojodibroto, R. Darmanto. 2012. Pandu Ibuku.Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Elmubarok, Zaim. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Mc Clelland. 2007. Motivasi Berprestasi. www.google.co.id (diakses tanggal 30 Maret 2013).
Maya Sari, Yuni. 2011. Hubungan Antara Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dengan Perilaku Sosial Kelas XI IPS SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun 2010/2011. Bandar Lampung : Skripsi Universitas Lampung.
Moedjiarto. 2002. Karakteristik Sekolah Unggul. Jakarta: Duta Graha Pustaka.
Mustaqim, Wahyu. 2013. Pengaruh Penerapan Pendidikan Karakter Di Sekolah Terhadap Perilaku Akademik Siswa Kelas XI Teknik Komputer Jaringan Di SMK Piri 1 Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi Universitas Yogyakarta.
Nugroho, Hery. 2012. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 3 Semarang. Semarang: Tesis IAIN Walisongo Semarang
Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumitro, Bambang dan Basrowi. 2010. Paradigma Baru Sosiologi Pendidikan. Kediri: CV Jenggala Pustaka Utama.
Sunarto, H dan B.Agung Haryanto. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Yogyakarta: Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F3965
Refbacks
- There are currently no refbacks.