PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP DARUL ARAFAH SUKAJAWA

Randes Rahdian Azis

Abstract


Hasil belajar merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan proses belajar. Dalam proses pembelajaran, peran orang tua sebagai motivator sangat berpengaruh bagi hasil belajar siswa secara maksimal. Penelitian ini mennggunakan jenis Penelitian Kuantitatif, sedangkan sifat penelitian dalam penelitian ini adalah bersifat korelatif dengan pengolahan data, analisi yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana dengan bantuan program SPSS versi 22. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh antara variabel X (Motivasi Orang Tua) terhadap variabel Y (Hasil Belajar). Nilai koefesiensi regresi bernilai positif, maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa, variabel X (Motivasi Orang Tua) berpengaruh positif terhadap variabel Y (Hasil Belajar). Hal ini menunjukkan bahwa perubahan Y searah dengan X. Sehingga persamaan regresinya adalah Y= 0,75900+ 0,420 X. Selain itu Berdasarkan Hasil Uji hopotesis (t) varibel X (Motivasi Orang Tua) terhadap varibel Y (Hasil Belajar) diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu (4,652 > 2.015). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya variabel X (Motivasi Orang Tua) bepengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel Y (Hasil Belajar). Serta berdasarkan nilai R squar, besarnya pengaruh variabel X (Motivasi Orang Tua) terhadap variabel Y (Hasil Belajar) adalah sebesar 78,8%, sedangkan sisanya 22% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci : Motivasi Orang Tua, Hasil Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Agoes Dariyo dalam Jurnal Wira Solina, Erlamsyah, Syahniar “Hubungan Antara Perlakuan Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa Disekolah”. Jurnal Ilmiah Konseling, Padang: Universitas Negeri Padang

Dimyati Dan Mudjiono, Belajar Dan Pembalajaran,, Jakarta: Rineka Cipta,2010 Djumali dkk, Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media,2014

Kunandar, Penelitian Tindakan Kelas, Jakatra: PT. Raja Grafindo Persada, 2011

Kurniawan, Pendidikan karakter: konsepsi & implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi, dan masyarakat, Yogyakarta:Ar- ruzza media,2017

Purwanto, Metode Penelitian Kuantitatif: Untuk Psikologi dan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012

Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo,2016

Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2016

Slameto dalam Jurnal Rany Febriany, Yusri, “Hubungan Perhatian Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Tugas-Tugas Sekolah”, Jurnal Ilmiah Konseling, Padang: Universitas Negeri Padang

Uno, Teori Motivasi Dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara, 2013

Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana Prenada Media Group,2011

Zainal Arifin,Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru, Bandung:Remaja Rosda Karya,2012




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F23548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.