UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS XI SMA NEGERI 1 RAMAN UTARA

M Badaruddin

Abstract


Learning difficulties are conditions in which students are unable to study properly due to disturbances, both from internal and external factors. Islamic religious teachers and character are one of the subjects that are expected to be able to contribute to students to learn and practice the teachings of Islam which contain many values of life. At this time, the whole world has been faced with the Covid-19 virus pandemic. With the virus, teaching and learning activities have undergone a very drastic change. Both teachers and students experience difficulties in learning. Thus, teachers try their best so that learning continues to run well.

 

 

Keywords: Teacher, Difficulty, Learning

 


Kesulitan belajar ialah kondisi dimana siswa tidak mampu untuk belajar dengan baik yang disebabkan adanya gangguan, baik berasal dari faktor internal maupun faktor eksternal. Guru agama Islam dan budi pekerti ialah salah satu mata pelajaran yang diharapkan dapat memberikan konstribusi kepada siswa untuk mempelajari serta mempraktekkan ajaran agama Islam yang terkandung banyak nilai-nilai kehidupan. Pada masa sekarang ini, seluruh dunia telah dihadapkan oleh adanya pandemi virus Covid-19. Dengan adanya virus tersebut, kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan yang sangat drastis. Guru maupun siswa sama-sama mengalami kesulitan dalam belajar. Dengan demikian, guru berusaha sebaik mungkin agar pembelajaran tetap terlaksana dengan baik.

 

 

Kata Kunci: Guru, Kesulitan, Belajar


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. Psikologi Belajar. Cet. ke-3. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.

Anshori, Muslich dan Sri Iswati. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press, 2009.

Arikuntoro, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif, cet. ke-9 (Jakarta: Kencana, 2017)

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Fauziah, Shima Dewi. “Upaya Guru dalm Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Metro.” Skripsi IAIN Metro Lampung, 2018.

Fitrah, Muh dan Luthfiyah. Metodologi Penelitian, Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jawa Barat: CV Jejak, 2017.

Habibah, Bella Maulida dan Sri Mulyani. “Konsep Layanan Responsif bagi Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar secara Daring di Masa Pandemi Covid-19.” Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling 4, no. 2 (2020).

Hayat, Sihhatul. “Kesulitan Belajar Daring Siswa Kelas X MIPA Pada Mata Pelajarn Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Kota Surabaya.” Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya, 2021.

K, Syarifuddin. Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Sleman: Deepublish, 2018.

Kemendikbud Nomor 4 tahun 2020 tengenai Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Khuluqo, Ihsana El. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Lestari, Myrna Apriany. Bimbingan Konseling di SD. Sleman: Deepublish, 2020.

Lubis, Rahmat Rifai. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa.” Jurnal Kreatifitas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 9, no. 1 (2020).

Mahasiswa KPM IAIN Parepare. Berkarya Besama Ditengah Covid-19. Sulawesi Selatan: IAIN Parepare Nusantara Press, 2020.

Mardawani. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Maryani, Ika dan Laila Fatmawati. Model Interverensi Gangguan Kesulitan Belajar. Depok: Ika Maryani, 2018.

Mustafa, Pinton Setya. Pengembangan Kurikulum Sekolah Golf. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 2018.

Mustahdi dan Mustakim. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Pusat Kurikulum Pembukuan, 2014.

Neolaka, Amos dan Grace Amialia A. Neolaka. Landasan Pendidikan. Depok: Kencana, 2017.

Parnawi, Arif. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Deepublish, 2019.

Permadi, Melany Fitrianur. “Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi.” Skripsi Universitas Jambi, 2021.

Pohan, Albert Efendi. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: Cv Sarnu Untung, 2020.

Rosada, Ulfa Danni. “Diagnosis of Learning Difficulties and Guidance Learning Services to Slow Learner Student.” Guidena 6, no. 1 (2016).

Sadikin, Ali. “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Universitas Jambi 5, no. 02 (2020).

Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Suardi, Moh. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2012.

Subagyo, Joko. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Sudaryono. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Sutiah. Budaya Belajar dan Inovasi embelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2019.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. cet. ke-15. Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2017.

Tarmizi, Amar dan Sapratul Laila. “Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Corona Virus Disease 19.” At-Taazakki 4, no. 1 (2020).

Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Cet ke-2. Depok: Ar-Ruzz Media, 2013.

Wandani, Riza Kristina. Wonderful Studies 2019 Antologi Esai Karya Mahasiswa PGSD Universitas Kanjuruhan Malang. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani, 2020.

Wawancara Bapak Ali Murtopo. “ Guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Raman Utara Kabupaten Lampung Timur,” 5 Februari 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F23538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.